Diam-diam, PSK Eks Dolly Kembali Lagi ke Lokalisasi Semula
Ilustrasi penangkapan PSK/Foto: Zool WNN

Diam-diam, PSK Eks Dolly Kembali Lagi ke Lokalisasi Semula

Senin, 1 Mei 2017 | 21:51 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - Kerja keras pemerintah kota Surabaya menghadapi ujian. Sebabnya, paska pembubaran lokalisasi Dolly, para pekerja seks komersial (PSK) justru kedapatan kembali menjajakan diri. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 40 PSK diamankan di sejumlah eks-lokalisasi di Surabaya. Termasuk ada yang diamankan di lokalisasi Dolly, Kremil, Dupak Bangunsari, Sememi, dan Kandangan. Padahal para PSK itu ditangkapi sejak Oktober 2016.

"Terakhir Maret 2017 kemarin, tim Asuhan Rembulan kami mengamankan tiga PSK," terang Kasatpol PP Kota Surabaya, Irvan Widiyanto, Senin (01/05/2017).

Tim Asuhan Rembulan adalah tim khusus bantuan Satpol PP. Tim ini juga khusus bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di malam hari terkait penegakan Perda. Salah satunya adalah menjaga Kota Surabaya dari praktik prostitusi liar. Mencegah kembali praktik prostitusi di lima eks lokalisasi.

Dengan diamankannya PSK di tempat-tempat umum itu menandakan bahwa tim bekerja maksimal. Tapi kemudian, Irvan mempertanyakan, akan sampai kapan petugas harus kucing-kucingan dengan PSK.

"Solusinya harus ada swakarsa masyarakat di lingkungan eks-lokalisasi. Masyarakat sendiri yang membentengi kampungnya," tandas Irvan.

Saat ini, Satpol PP bersama polisi dan sejumlah Dinas di Pemkot Surabaya membentuk Posko Terpadu. Mereka bersatu mencegah kembalinya praktik prostitusi.

Sedang Camat Sawahan yang merupakan wilayah dari lokalisasi Dolly mengakui bahwa setiap malam menggelar operasi. Semua masyarakat ikut dilibatkan.

"Tapi tidak mungkin kami represif terus. Ada operasi terbuka dan tertutup. Belum lama ini kami juga mengamankan praktik traficking di Dolly," kata Yunus.

Saat ini selain mengamankan PSK, dikutip dari keterangan resmi, Tim Asuhan Rembulan bersama dinas yang lain berpadu. Ada yang mengetes HIV untuk para PSK. Ada yang diantarkan ke tempat tinggalnya. Tapi bagi warga Surbaya, akan didampingi untuk bekerja yang lebih baik.

"Kami saat ini terus memberdayakan masyarakat di eks lokalisasi Dolly. Termasuk PSK nya kita berdayakan. Ada yang buat sablon, membatik, sampai membuat sepatu, dan masih banyak lagi," kata Yunus.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...