Dianggap Langgar Wilayah, Kapal Patroli Israel Tembak Kapal Nelayan
ilustrasi

Dianggap Langgar Wilayah, Kapal Patroli Israel Tembak Kapal Nelayan

Selasa, 16 Mei 2017 | 15:52 | Rusmanto

WinNetNews.com - Kapal patroli milik Angkatan Laut Israel menembaki kapal nelayan Gaza yang dianggap melanggar blokade di wilayah Gaza bagian utara. Satu nelayan Gaza dilaporkan tewas akibat tembakan itu.

Seperti dilansir AFP , Selasa (16/5/2017), Israel dan militan Palestina di Gaza telah terlibat tiga kali pertempuran sejak tahun 2008. Wilayah Gaza berada di bawah blokade Israel selama 10 tahun terakhir.

Aktivitas mencari ikan di perairan utara Gaza, yang dekat dengan wilayah Israel, dibatasi hanya boleh 6 mil laut atau 11 kilometer dari garis pantai. Angkatan Laut Israel cukup sering melepas tembakan kepada kapal nelayan Palestina yang dianggap melanggar batasan itu. Namun insiden penembakan di perairan Gaza semacam ini sangat jarang berujung kematian.

Dalam insiden terbaru yang terjadi Senin (15/5) waktu setempat, kepala serikat nelayan Palestina, Nizar Ayash, menuturkan 4 nelayan lainnya ditangkap Israel dalam insiden yang sama. Dua nelayan lainnya ditangkap saat militer Israel mencegat kapal nelayan lainnya pada malam hari.

Satu nelayan Palestina tewas dalam insiden penembakan di perairan Gaza. Nelayan yang tewas diidentifikasi sebagai Mohammed Majed Bakr (25). Jenazah nelayan Palestina ini disemayamkan di sebuah kamar mayat di Gaza, sebelum dimakamkan pada Senin (15/5) itu juga.

Ayash menambahkan, usai insiden ini, aktivitas mencari ikan di perairan Gaza dihentikan sementara hingga Kamis (18/5) besok.

Secara terpisah, juru bicara militer Israel membenarkan adanya penembakan terhadap kapal nelayan Palestina. Namun militer Israel tidak menyinggung soal penangkapan nelayan Palestina lainnya.

"Sebuah kapal menyimpang dari zona pencarian ikan yang telah ditetapkan di Jalur Gaza sebelah utara. Angkatan Laut di area itu dipanggil untuk menghentikan kapal itu dan melepas tembakan ke udara," terang juru bicara militer Israel itu.

Juru bicara militer Israel ini menyebut, kapal nelayan Palestina itu mengabaikan peringatan, sehingga tentara Israel melepas tembakan ke arah kapal itu. "Sebagai dampak dari tembakan itu, seorang warga Palestina luka-luka dan dievakuasi ke sebuah rumah sakit Israel untuk mendapatkan perawatan medis segera," terang juru bicara militer Israel.

Dalam pernyataan lanjutan, militer Israel mengkonfirmasi warga Palestina yang berprofesi sebagai nelayan itu akhirnya tewas. Pejabat urusan perikanan Gaza, Zacharia Bakr, juga mengkonfirmasi kematian nelayan Palestina itu.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...