Dianggap Menghambat Proses Sidang, Saksi Prabowo Ditahan

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Dianggap Menghambat Proses Sidang, Saksi Prabowo Ditahan
Winnetnews.com - Rahmadsyah Sitompul, saksi paslon 02 di sidang gugatan Pilpres 2019 di MK telah dikabarkan bahwa statusnya ditingkatkan dari tahanan kota menjadi tahanan rutan.

Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, Rahmadsyah masih berstatus sebagai terdakwa dalam kasus ujaran kebencian terkait Pilkada Batu Bara pada tahun 2018 lalu. Dengan status tahanan kota, Rahmadsyah telah menghambat proses berjalannya sidang.

“Ketidakhadiran terdakwa tersebut menghambat jalannya proses persidangan,” ujar hakim PN Kisaran saat membacakan penetapan, Selasa (25/6/19).

Guna memperlancar sidang, pengalihan penahanan Rahmadsyah perlu dilakukan dari tahanan kota menjadi tahanan rutan. Dengan pernyataan tersebut, Rahmadsyah resmi dijebloskan ke dalam Rutan Labuhanruku.

Sebelumnya, kehadiran Rahmadsyah sebagai saksi telah mendapatkan kritik pedas dari KPU dikarenakan aksesori yang digunakan Rahmdsyah selama menjadi saksi.

“Ketika ditanya hakim, ternyata kacamata gaya dan untuk menghindari publikasi bahwa statusnya sebagai tahanan kota. Bahwa kemudia orang tahanan kota dijadikan saksi kualitasnya seperti apa ya tergantung yang mengajukan bisa dinilai publik,” ujar Komisioner KPU, Hasyim Asy’ari setelah persidangan di MK, Kamis (10/6/19) lalu.

Apa Reaksi Kamu?