Dibalik Keindahannya, ada 6 Bahaya Jika Sembarangan Pakai Lensa Kontak!

Dibalik Keindahannya, ada 6 Bahaya Jika Sembarangan Pakai Lensa Kontak!

Rabu, 7 Sep 2016 | 16:28 | kontributor

WinNetNews.com - Memiliki mata minus memang terkadang menganggu kelancaran aktivitas sehari-hari. Menggunakan kacamata adalah salah satu cara untuk membuat penglihatan mata menjadi normal. Namun karena alasan estetika banyak yang mengganti kacamata dengan lensa kontak sebagai cara menyiasati mata minus. Disamping terlihat lebih gaya dengan beragam pilihan warna dan corak, menggunakan lensa kontak juga dianggap lebih praktis oleh sebagian orang.

Uppsss.....!!! tapi jangan sembarangan menggunakan lensa kontak ya! Karena, penggunaan lensa kontak yang tidak sesuai dengan saran dokter mata bisa mengakibatkan hal-hal berbahaya berikut ini!

1. Mau Mata Kamu Terkena Infeksi?

image0

Gambar: wongsehat

Penggunaan lensa kontak yang tidak steril dapat menyebabkan berbagai mikroorganisme mudah berpindah ke mata kita. Ada berbagai jenis infeksi mata akibat sembarangan memakai lensa kontak, seperti infeksi bakteri, infeksi parasit, infeksi virus herpes mulut (HSV-1), dan infeksi jamur.

2. Gak Nyaman Banget Kalau Mata Jadi Kering, Apalagi Saat Pakai Lensa Kontak

image1

Gambar: Mygeolens

Sindrom mata kering biasanya terjadi ketika kamu menggunakan lensa kontak terlalu lama atau berada di dalam ruangan ber AC. Sindrom mata kering terjadi ketika mata tidak memproduksi cukup air mata dehingga mengakibatkan mata kering, peradangan dan iritasi mata. Gejala yang terjadi bila kamu mengalami sindrom mata kering diantaranya, mata merah, terasa kering dan berpasir, rasa sakit sepanjang hari, penglihatan buram, hingga kesulitan membuka mata saat bangun tidur.

Sindrom mata kering umumnya bisa diatasi dengan cara memberikan tetes mata, namun jika sudah parah dan tak kunjung membaik, cara terbaik adalah datang ke dokter mata untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.


3. Hati-hati Sist! Lensa Kontak yang Kotor Bisa Bikin Abrasi pada Kornea

image2

Gambar: Eyerounds

Lensa kontak yang kotor dapat menyebabkan kornea mata tergores atau abrasi. Hal ini menyebabkan rasa sakit yang parah dan tidak nyaman. Jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan penurunan penglihatan menetap. Salah-salah, nanti minus mata kamu bisa bertambah tebal, kalau sembarangan memakai lensa kontak!

4. Gaya sih! Tapi Kalau Mata Jadi Berair & Merah, Tetap Saja Kamu Kurang Kece, Kondisi ini bisasnya dikenal dengan istilah medis Konjungtivitis

image3

Gambar: Alodokter

Kondisi ini ditandai dengan lapisan paling luar mata yang menjadi merah. Konjungitivitis atau ‘mata merah’ bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau iritasi dari lensa kontak. Selain merah, mata juga menjadi berair.

5. Sakit Mata dalam Bahas Kedokteran Disebut Keratitis, ini Juga Bisa Jadi Efek jika Kamu Salah Pakai Lensa Kontak

image4

Gambar: Farmamedia

Keratitis atau dikenal juga dengan sebutan peradangan di kornea mata. Tanda-tanda terjadinya keratitis akibat sembarangan menggunakan lensa kontak yang tidak benar adalah, terjadi penurunan kemampuan penglihatan, mata berwarna merah atau pink, nyeri pada mata dan sekitarnya, bahkan setelah kontak lens dilepas, sensitivitas yang tinggi terhadap cahaya, mata berair dan produksi kotoran yang berlebih, serta rasa seperti ada sesuatu yang mengganjal di mata.

6. Yang Paling Seram! Kamu Bisa Alami Kebutaan Lho Sist!

image5

Gambar: Wartakota

Dalam acara seminar dan workshop 'Kiat Mengatasi Ketergantungan Anak pada Kacamata dan Gadget' di Jakarta Eye Centre, dr Tri Rahayu, SpM, FIACLE melarang masyarakat untuk menggunakan produk lensa kontak murahan yang banyak dijual di toko-toko tanpa rekomendasi dari dokter. "Itu jangan digunakan! Masyarakat perlu tahu bila lensa kontak yang dijual bebas oleh orang yang bukan ahlinya sangatlah berisiko," Katanya.

Terlebih lagi dr Tri menjelaskan bila menggunakan lensa kontak sembarangan tidak menutup kemungkinan akan mengalami kebutaan yang hanya bisa dipulihkan dengan cangkok mata.

Pengguna lensa Kontak memang berpotensi terinfeksi bakteri, jamur, atau mikroba lainnya. Namun, bukan berarti kamu harus bermusuhan dengan Kontak lens. Lensa kontak merupakan salah satu peralatan medis yang paling aman ketika digunakan secara bertanggung jawab dan sesuai dengan rekomendasi dari dokter.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...