Dibanding Honda, Ini Kelebihan Motor Yamaha di MotoGP 2015

Dibanding Honda, Ini Kelebihan Motor Yamaha di MotoGP 2015

Kamis, 14 Jan 2016 | 17:17 | Muchdi

WinNetNews.com - Ramon Forcada, kepala tim mekanik Jorge Lorenzo, mengumbar kelebihan motor Yamaha dibanding Honda pada musim balap MotoGP 2015. Menurutnya, faktor inilah yang membuat mereka berhasil 'mengangkangi' Tim Repsol Honda.

"Kami mengembangkan kekuatan dari mesin YZRM1 yang berefek kepada akselerasi motor. Kami memiliki pijakan motor yang lebih baik dan tenaga yang jauh lebih efisien ketimbang RC213V," ujar Forcada, dikutip dari situs berbahasa Jerman, Speedweek.

Forcada menambahkan, Honda RC213V yang ditunggani Dani Pedrosa dan Marc Marquez sebetulnya memiliki kecepatan mumpuni. Tetapi, kecepatan tersebut tidak ditunjang oleh akselarasi yang prima. Di sinilah Forcada mengakui kelebihan formulasi motor besutannya.

Untuk diketahui, menurut laman Movistar Yamaha, YZRM1 menggendong mesin empat silinder berkapasitas 1.000 cc yang disandingkan dengan transmisi enam percepatan. Mesin ini mampu hasilkan outputlebih dari 240 Tk. Berat total motor adalah 158 Kg.

 

Hasilnya, sebagaimana diketahui bersama, posisi pertama dan kedua MotoGP adalah Lorenzo dan Rossi. Sementara Marc Márquez dan Dani Pedrosa ada di posisi tiga dan empat. Total, Yamaha berhasil mengumpulkan angka sebanyak 655 poin, sementara Honda 'hanya' 453 poin.

Klaim ini sekaligus membenarkan progres dari motor Yamaha sekaligus kecerdasan mekaniknya. Pasalnya, pada 2013 lalu, Valentino Rossi justru mengatakan bahwa motor-motor Honda lebih cepat dari tunggangannya.

sumber dari liputan6, Jakarta

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...