Skip to main content

Dibanding Saling Menyemangati, Persaingan Lebih Ampn Tingkatkan Motivasi Olahraga

Dibanding Saling Menyemangati, Persaingan Lebih Ampn Tingkatkan Motivasi Olahraga
Dibanding Saling Menyemangati, Persaingan Lebih Ampn Tingkatkan Motivasi Olahraga

WinNetNews.com - Saling menyemangati memang bisa menumbuhkan motivasi untuk berolahraga. Namun menurut penelitian, cara paling ampuh untuk menumbuhkan motivasi adalah memberikan tantangan dalam bentuk persaingan.

Penelitian yang dilakukan di University of Pennsylvania tersebut membuktikan bahwa persaingan mampu memberikan motivasi paling besar untuk olahraga. Tingkat keikutsertaan dalam olahraga bisa meningkat hingga 90 persen karenanya.

Para ilmuwan mengungkapnya setelah mengamati 800 partisipan dalam program olahraga yang dinamakan PennShape. Para partisipan dibagi dalam 4 kelompok, yakni kelompok individual competition, kelompok team support, kelompok team competition, dan kelompok kontrol sebagai pembanding.

"Membingkai interaksi sosial sebagai sebuah kompetisi bisa menciptakan norma sosial yang positif untuk berolahraga," kata Jingwen Zhang, PhD yang memimpin penelitian tersebut, dikutip dari Sciencedail.

Menurut Zhang, kompetisi atau persaingan mendorong para partisipan untuk memasang target sesuai partisipan yang paling aktif. Sebaliknya, pada kelompok team support yang anggotanya saling memberikan dukungan, target olahraga cenderung terpengaruh oleh partisipan yang paling malas.

"Jika orang-orang berhenti olahraga, ini memberi peluang pada yang lain untuk ikut-ilkutan berhenti," kata Zhang.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top