Dibuat Dari Bahan yang Unik, Es Krim Ini Kaya Akan Protein

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Dibuat Dari Bahan yang Unik, Es Krim Ini Kaya Akan Protein Ilustrasi es krim (sumber: unsplash)

Winnetnews.com -  Es krim merupakan makanan manis yang paling banyak disukai oleh masyarakat. Untuk menarik perhatian masyarakat, para produsen es krim biasanya berlomba-lomba untuk menciptakan kreasi baru, misalnya dengan melakukan campuran rasa pada produk yang mereka jual.

Berbeda dari produsen es krim lain yang mencampur es mereka dengan perisa buah atau jenis makanan lain, Gourmet Grubb membuat es krim dengan bahan dasar larva serangga. Perusahaan ini memiliki misi untuk memperkenalkan cara baru untuk menikmati serangga.

“Kami mulai mengubah cara serangga dilihat, diproduksi, dan digunakan dalam industri makanan,” kata Leah Bessa, salah satu pendiri perusahaan, dikutip dari CNN Indonesia.

Perusahaan yang berlokasi di Cape Town, Afrika Selatan ini menggunakan EntoMilk sebagai alternatif baru. Produk susu yang dibuat dilakukan dengan cara memadukan larva serangga tropis, yaitu lalat jenis black soldier.

Dilansir dari Kompas.com, Entomilk diklaim bebas laktosa, gluten, dan tidak mengandung karbohidrat atau gula. Dengan menggunakan entomilk, perusahaan dapat lebih menghemat air dan energi dalam pembuatannya jika dibandingkan dengan susu atau susu alternatif lain. Hal itu terjadi karena serangga hanya butuh sedikit air dan makanan untuk tumbuh.

“Serangga pada dasarnya tinggi lemak, protein, dan mineral. Lalat jenis black soldier memiliki kandungan protein dan lemak yang sebanding dengan daging sapi. Kandungan zinc, zat besi, serta kalsiumnya jauh lebih tinggi daripada daging sapi,” imbuh Bessa.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Gourmet Grubb (@gourmetgrubb) on

Serangga tidak memerlukan banyak ruangan ketika dibudidayakan, sehingga dapat dilakukan di kawasan perkotaan. Produksi es krim serangga juga dapat mengurangi biaya transportasi susu dari wilayah peternakan ke kota. Selain itu, serangga juga bermanfaat untuk mengurangi sampah dari bahan organik.

Gourmet Grubb menyediakan tiga varian rasa, yaitu coklat, selai kacang, dan christmas spices (rempah-rempah). Vairan es krim ini dijual mulai dari 60 – 100 Rand (Rp.55.000 – 95.000).

Apa Reaksi Kamu?