Didesak Mahasiswa Ringankan UKT, Ini Tanggapan Kemendikbud
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. (Foto: Kompas.com)

Didesak Mahasiswa Ringankan UKT, Ini Tanggapan Kemendikbud

Rabu, 3 Jun 2020 | 10:41 | Anggara Putra Utama

Winnetnews.com -  Tagar #MendikbudDicariMahasiswa dan #NadiemManaMahasiswaMerana menggema di media sosial Twitter. Tagar tersebut berisi desakan warganet untuk menggratiskan atau menurunkan uang kuliah tunggal (UKT) selama pandemi Covid-19 seiring dengan kuliah daring yang berpotensi akan terus berlanjut.

Menanggapi hal tersebut, Pranata Humas Madya Ditjen Dikti dan Koordinator Humas Dikti Yayat Hendayana mengatakan pihaknya memantau perkembangan tersebut di media sosial. 

Ia juga mengatakan masih menunggu pembahasan peraturan yang akan digelar oleh Kemendikbud, hari ini, Rabu (3/6/2020).

"Kami belum bisa sampaikan detail. Masih menunggu pimpinan Kemendikbud dan masih pantau Twitter," kata Yayat dikutip dari Kompas.com.

Ia mengutarakan Kemendikbud akan memberi kewenangan bagi pimpinan PTN atau otoritas kampus untuk mengatur UKT terlebih selama pandemi virus corona.

"Besok Pimpinan Kemendikbud baru akan bahas peraturan yang akan memberi kewenangan bagi Pimpinan PTN untuk atur UKT yang selama ini harus diajukan oleh Pimpinan PTN ke Menteri untuk minta persetujuan," sambungnya.

Hal tersebut, lanjut dia sesuai dengan kebijakan kampus merdeka yang dicanangkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim.

"Jadi, wacana yang akan disiapkan adalah penentuan besaran UKT akan diatur oleh peraturan Rektor PTN atau direktur PTN, tidak lagi oleh Peraturan Menteri," jelas dia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...