(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Diduga Serang Personal Saat Debat, Joko Widodo Dilaporkan ke Bawaslu

Rusmanto
Rusmanto

Diduga Serang Personal Saat Debat, Joko Widodo Dilaporkan ke Bawaslu istimewa

Winnetnews.com - Bawaslu tengah mengkaji pernyataan capres Joko Widodo (Jokowi) soal penguasaan lahan ribuan hektare oleh capres Prabowo Subianto dan pertanyaan soal unicorn di debat kedua semalam. Berdasarkan kajian itu, nantinya Bawaslu akan memutuskan apakah pernyataan Jokowi tersebut masuk dugaan pelanggaran debat.

"Saya nggak bisa mendahului apa yang akan menjadi keputusan dalam pleno. Tetapi hal itu sudah menjadi bahan kajian kami, untuk melihat apakah ini melanggar dugaan pemilu, apakah dugaan melanggar debat," ujar anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar, di kantor Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (18/2/2019).

Fritz mengatakan saat ini, pihaknya tidak dapat langsung memutuskan bahwa pernyataan Jokowi soal penguasaan lahan dan pertanyaan soal unicorn sebagai bentuk serangan pribadi kepada Prabowo. Apalagi saat itu Prabowo juga langsung mengkonfirmasi pernyataan Jokowi.

"Saya tidak bisa jawab bahwa apakah fakta, kan Pak Prabowo mengkonfirmasi ya apa yang sudah disampaikan, apakah itu termasuk menyerang pribadi," katanya.

Dia mengatakan ada pendapat yang menyatakan hal tersebut memang melanggar tata tertib. Namun Fritz mengatakan pihaknya akan tetap terlebih dulu memeriksa dan menunggu laporan terkait dugaan pelanggaran tersebut.

"Itu mungkin ada yang mengatakan itu melanggar tata tertib. Tetapi kan, karena ini juga akan dilaporkan oleh BPN, saya rasa tunggu sampai ada laporan," tutur Friz.

"Tunggu lah kalau ada laporannya biar kami bisa dapat menyampaikan lebih komprehensif," sambungnya.

Sebelumnya, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memprotes pertanyaan dan pernyataan capres Joko Widodo (Jokowi) soal pengungkapan penguasaan lahan oleh Prabowo dan pertanyaan unicorn di debat. Jokowi disebut telah bersikap tendensius dan menyerang personal.

BPN pun langsung mendatangi KPU untuk melakukan protes. Atas aduan itu, KPU dan Bawaslu disebut akan menindaklanjuti.

"Jawaban KPU, nanti kita rapatkan, dan mempersilakan Bawaslu untuk tindak lanjuti. Bawaslu kabarnya akan merapatkan masalah ini," kata Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso, (17/2).

 

 

 

Artikel ini telah tayang di www.detik.com dengan judul "Bawaslu Telusuri Dugaan Jokowi Serang Personal Prabowo di Debat Kedua"

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});