(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Diduga Tercemar Pupuk Cair, Air Sumur Ini Berubah Warna Mirip Air teh

Rusmanto
Rusmanto

Diduga Tercemar Pupuk Cair, Air Sumur Ini Berubah Warna Mirip Air teh ilustrasi

WinNetNews.com - Polisi menyelidiki penyebab air sumur milik Firman Efendy, warga Dusun Ngepung, Desa Beratwetan, Gedeg, Kabupaten Mojokerto yang berubah warna mirip teh. Petugas telah mengambil sampel air sumur dan pupuk cair untuk diuji di laboratorium.

"Kami lakukan penyelidikan terkait tercemarnya sumur tersebut," kata Kapolsek Gedeg AKP Suwoco, Selasa (13/11/2018).

Kapolsek mengaku telah mengambil sampel air dari sumur milik Firman. Selain itu, sampel pupuk cair jenis Pupuk Hayati Enero (PHE) juga diambil langsung petugas dari truk tangki yang mengirim ke kebun tebu di depan rumah Firman.

Namun, sampai saat ini sampel tersebut belum dikirim ke laboratorium. Menurut kapolsek, pihaknya akan lebih dulu berkoordinasi dengan Polresta Mojokerto untuk menentukan laboratorium yang akan dituju untuk pengujian sampel.

"Uji laboratoriun nanti untuk memastikan yang mencemari sumur itu pupuk Enero atau bukan," terangnya.

Air sumur di halaman depan rumah Firman tercemar hingga berubah warna menjadi kecokelatan mirip teh. Bau air mirip dengan tetes tebu. Kondisi ini terjadi sejak sepekan yang lalu.

Akibatnya, air sumur tersebut tak lagi bisa digunakan untuk minum, masak, dan mandi. Diduga air sumur ini tercemar pupuk cair yang diguyurkan ke lahan tebu di sekitar rumah Firman. Jarak sumur dengan kebun tebu sekitar 20 meter.

Memang dalam sepekan terakhir, kebun tebu di depan rumah Firman diguyur dengan ribuan liter pupuk jenis PHE. Pupuk cair ini diproduksi oleh pabrik bioetanol PT Enero di Gedeg, Mojokerto. Bahan bakunya adalah vinasse, yaitu limbah dari pembuatan bioetanol.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Polisi Selidiki Penyebab Air Sumur Warga Mojokerto Berubah Warna"

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});