(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Diduga Terima Hadiah, KPK Tetapkan Lasito Jadi Tersangka

Rusmanto
Rusmanto

Diduga Terima Hadiah, KPK Tetapkan Lasito Jadi Tersangka ilustrasi

WinNetNews.com - Penersangkaan hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Lasito menambah daftar kelam para 'wakil Tuhan' di Tanah Air. Lasito menjadi hakim ke-25 yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

"LAS (Lasito) selaku hakim pada Pengadilan Negeri Semarang diduga menerima hadiah atau janji dari AM (Ahmad Marzuqi)," ucap Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018).

Pemberian suap itu terkait dengan gugatan praperadilan yang diadili Lasito. Praperadilan itu diajukan Bupati Jepara, Ahmad Marzuki atas status tersangkanya di Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah.

"Diduga AM selaku Bupati Jepara memberikan total dana Rp 700 juta," sebut Basaria.

Tak lama sebelum Lasito, KPK menetapkan dua hakim PN Jakarta Selatan sebagai tersangka. Kedua hakim dimaksud yakni Iswahyu Widodo dan Irwan.

Diduga, Iswahyu Widodo dan Irwan sudah menerima Rp 150 juta untuk putusan sela gugatan pembatalan perjanjian akuisisi PT CLM oleh PT AMPR di PN Jaksel pada Agustus 2018.

"Diduga sebelumnya majelis hakim telah menerima uang Rp 150 juta dari AF melalui MR untuk mempengaruhi putusan sela agar tidak diputus NO yang dibacakan pada bulan Agustus 2018 dan disepakati akan menerima lagi Rp 500 juta untuk putusan akhir," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam jumpa pers di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jaksel, Rabu (28/11/2018).

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Lasito, Hakim ke-25 yang Jadi Tersangka di KPK"

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});