(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Diet Asal – Asalan ? Inilah Yang Terjadi..

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Diet Asal – Asalan ? Inilah Yang Terjadi..

Wingamers - Diet yang tepat biasanya harus mendapat pengawasan dari dokter atau ahli gizi karena masing-masing orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Melakukan diet sembarangan, malahan membuat tubuh menjadi bermasalah. Apa saja masalah yang di dapat ? Mari simak ulasannya.

1. Diabetes

Saat kita melewati jam makan yang seharusnya, tubuh akan terasa lemas dan untuk memenuhi kebutuhan energi, kita cenderung akan selalu ingin mengkonsumsi makanan manis. Sementara konsumsi makanan manis saat perut kosong mampu menyebabkan lonjakan gula darah.

Lonjakan ini mampu menyebabkan ketidakseimbangan hormon insulin yang jika terjadi secara terus-menerus mampu menyebabkan diabetes.

2. Kelenjar tiroid melemah

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang mengatur metabolisme tubuh. Dan saat kita melewatkan jam makan, fungsi kelenjar tiroid akan melambat. Akibatnya semua fungsi metabolisme organ tubuh terganggu yang kemudian bisa menyebabkan pencernaan melambat, sembelit, kulit kering, hingga rambut rontok.

3. Stres

Stres biasanya muncul saat berada dalam tekanan. Saat stres, maka terjadi serangkaian hal yang terjadi di tubuh seperti napas menjadi sesak, otot menjadi kaku, jantung berdetak cepat, serta tekanan darah meninggi. Hal ini serupa terjadi saat kita melewatkan jam makan. Kita juga akan mengalami serangkaian gejala nyeri, sakit punggung, sakit leher, hingga perut yang melilit.

4. Depresi

Selain stres, melewatkan jam makan juga bisa memicu depresi. Sebab saat merasa lapar dalam jangka waktu yang lama, tubuh akan sulit untuk mengontrol emosi dengan baik. Alhasil kita menjadi sering marah, sedih, dan berbagai macam emosi negatif lainnnya

5. Asam lambung naik

Saat melewati jam makan, asam lambung biasanya akan naik. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti rusia Dr Pavlov, dia meneliti kadar asam dalam perut manusia yang sering melompati jam makan.

Dan diketahui bahwa produksi asam lambung sangat berlebihan. Produksi asam tanpa makanan di perut sendiri mampu membakar lapisan perut atau yang biasanya dikenal dengan sebutan maag.

6. Makan berlebihan

Masalah kesehatan lain yang bisa timbul saat melewatkan jam makan adalah seseorang cenderung akan makan secara berlebihan begitu mendapatkan celah atau waktu untuk makan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});