Diet Sehat, Aman Dari Kanker

Diet Sehat, Aman Dari Kanker

Wingamers – Banyak jenis diet yang kita ketahui, salah satunya diet jenis mediterania. Sudah banyak pakar kesehatan menyetujui diet Mediterania merupakan salah satu metode diet yang sehat. Apalagi jika ditambah dengan extra virgin olive oil alias minyak murni zaitun dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara pada wanita.

Melansir Time, studi yang melibatkan 4.282 dengan usia rata-rata 67,7 tahun partisipan diminta mengonsumsi satu liter minyat zaitun untuk diri sendiri dan keluarga setiap minggu. Lalu, grup satu lagi diminta mengonsumsi 15 gram kenari, 7,5 gram hazelnut, dan 7,5 gram almond.

Studi yang dipublikasikan dalam Jurnal JAMA Internal Medicine terungkap bahwa wanita yang selama lima tahun konsumsi diet Mediterania dilengkapi minyak zaitun dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara hingga 68 persen dibandingkan partisipan jalankan diet rendah lemak secara teratur. Meskipun begitu, hasil temuan diawali dengan catatan. Pertama, wanita dalam penelitian ini sedang dalam PREDIMED, sebuah studi yang mencari tahu hubungan diet Mediterania dengan penyakit kardiovaskular, bukan kanker payudara.

Lalu belum pasti juga menurunnya risiko kanker payudara karena minyak zaitun atau memang hanya karena diet Mediterania secara umum. Dibutuhkan riset lebih besar dan jangka waktu lebih panjang untuk mengonfirmasi hal ini.