(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Diet Sukses Dengan Serat Larut Air

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Diet Sukses Dengan Serat Larut Air

Wingamers – Ingin memiliki tubuh ideal ? kuncinya yaitu dengan kurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak makan yang mengandung serat. Serat memang membuat perut kenyang dalam waktu lama. Lalu serat yang bagaimanakah yang bisa membuat perut kenyang lebih lama ?

Melansir investor daily, Nutritionist Herbalife, AriaNovitasati, mengatakan bahwa untuk bisa kenyang lebih lama, makanlah buah dan sayuran yang mengandung serat larut air. Beliau menjelaskan serat pada dasarnya terbagi dua, yaitu serat larut air dan serat tidak larut air. Serat larut air (soluble fiber) merupakan serat makanan yang tak larut di air. Secara fungsi, kedua jenis serat tersebut memang berbeda. Ketika kita makan, serat larut air akan larut, sehingga terbentuklah gel. Gel membuat lambung terasa penuh, sehingga rasa kenyang lebih lama.

Asupan serat larut juga dapat mengurangi penyerapanm kolesterol jahat dari system pencernaan. Hal ini sangat diperlukan untuk mengurangi kolesterol darah jahat pada saluran darah dan mengurangi risiko serangan atau penyakit jantung.

Makanan Berserat

Aria mengatakan, banyak makanan yang merupakan sumber serat larut air. Tapi yang terkadang tidak diperhatikan adalah batang sayuran, seperti batang sayur bayam, batang kangkung, hingga batang sawi itu banyak mengandung serat larut air. Karena itu, jangan buang batangnya, makan juga sekalian dengan daun.

Tentu saja, masih banyak lagi sumber serat larut lainnya, seperti ubi jalar, wortel, strawberry, gandum,oat, kentang, pisang dan lain-lain. Sementara itu, konsumsi serat tak larut air juga tak bisa dikatakan tidak penting. Meski tidak membuat perut kenyang lebih lama, serat tak larut air juga penting untuk melancarkan buang air besar (BAB).

Sumber serat tak larut air di antaranya gandum utuh, jagung, bekatul (sisa tumbukkan beras), beras, brokoli, kubis, tomat, kacang kedelai, almond dan lain-lain.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});