Diet yang Dianjurkan Bagi Pengidap Hipertensi

Diet yang Dianjurkan Bagi Pengidap Hipertensi

WinNetNews.com - Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kontrol tekanan darah atau tekanan darah yang sering tinggi, cobalah untuk menerapkan pola makan dengan diet DASH. Diet ini disebut-sebut sangat baik untuk para pasien hipertensi.

DASH merupakan kepanjangan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension . Diet ini menerapkan pendekatan pola hidup sehat yang dilakukan terutama bagi mereka yang mengidap hipertensi.

Diet DASH juga disebut-sebut dirancang khusus untuk mengurangi natrium dan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi seperti kalium, kalsium dan magnesium.

Seperti dikutip dari buku ' Hipertensi dan Obesitas ' yang ditulis oleh Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia 2016 , dengan mengikuti pola diet ini, biasanya dapat menurunkan mmHg tekanan darah dalam kurun waktu dua minggu. Seiring waktu, tekanan darah sistolik dapat turun berkisar 7 hingga 12 mmHg.

"Hal ini akan memberikan perbedaan bermakna terutama dalam segi faktor risiko berbagai macam penyakit seperti stroke dan jantung," ungkap para penulis.

Diet DASH menganjurkan Anda untuk mengonsumsi sayuran, buah-buahan dan makanan yang mengandung susu rendah lemak, serta konsumsi gandum, ikan, kacang, serta unggas dalam takaran sedang. Total kalori yang dianjurkan setiap harinya adalah 2.000 kalori.

"Diet ini tidak hanya baik untuk menurunkan tekanan darah, namun juga bermanfaat bagi kesehatan. Sebab secara tidak langsung, diet ini memberikan banyak manfaat untuk pencegahan osteoporosis, kanker, penyakit jantung, stroke, serta membantu penurunan berat badan," imbuh penulis.