Dijual Bebas untuk Obati Jerawat, Roaccutane Ternyata Miliki Efek Samping Berbahaya
Roaccutane (sumber: Lazada)

Dijual Bebas untuk Obati Jerawat, Roaccutane Ternyata Miliki Efek Samping Berbahaya

Sabtu, 14 Sep 2019 | 20:08 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Kemunculan jerawat seringkali dinilai mengganggu bagi banyak wanita. Untuk mengatasinya, banyak dari wanita yang mencari saran dari beauty blogger atau spesialis kecantikan. Namun saran atau rekomendasi tersebut juga harus diperhatikan dengan jeli, karena tidak semua yang digunakan beauty blogger atau beauty specialist cocok untuk kulit kita.

Baru-baru ini banyak beauty blogger yang merekomendasikan roaccutane untuk mengatasi jerawat. Roaccutane merupakan sebuah obat yang mengandung isotretonin, yaitu turunan vitamin A. Obat ini memiliki fungsi sistematik untuk mengurangi jerawat yang sudah tidak dapat merespon antibiotik atau terapi topical lainnya.

Dokter Rumah Sakit Pondok Indah (SPI), dr. Susie Rendra, SpKK menyatakan bahwa roaccutane merupakan obat jerawat yang sangat jempolan. Namun ia juga menghimbau untuk hati-hati karena obat jerawat ini ternyata memiliki kelemahan dan efek samping yang sangat banyak.

“Isotretonin dalam roaccutane dapat memberikan efek samping yang besar, terutama dari segi psikologi penggunanya,” ujar Susie, seperti dilansir dari Detik.com, Sabtu (14/09).

Susie mengaku jika penggunaan roccutane ini bisa menimbulkan gejala depresi bagi penggunanya. “Kita sebut isotret karena itu kandungan utamanya. Senyawa kimia ini berguna untuk mengobati depresi. Namun tidak selalu orang yang minum roaccutane ini depresi. Efek samping lainnya yaitu biasanya pengguna akan mengalami purging berupa bintik-bintik kecil jerawat, meskipun kasus ini tidak banyak dialami oleh orang,”

Susie juga menjelaskan bahwa sebenarnya roaccutane tidak boleh masuk di Indonesia dan tidak memilik izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Saya tidak tahu secara jelas mengapa isotretinoin tidak masuk ke Indonesia, karena di Malaysia dan Singapura obat ini bisa beredar luas. Satu yang pasti, obat ini memang tidak diizinkan untuk beredar di pasaran. Kalau misal ada dijual online, mungkin itu adalah black market. Kalau sudah begitu kita tentu tidak tahu produk tersebut asli atau tidak,” imbuh Susie.

Ketika ditanya perihal aman atau tidaknya penggunaan roaccutane, Susie menjawab sebenarnya sah-sah saja, karena di beberapa negara obat ini digunakan dan ternyata memang aman.

“Akan lebih baik jika pilih alternatif lain yang lebih aman untuk mengobati jerawat,” pungkas Susie.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...