Dikhawatirkan Bisa Meledak, Ribuan Saus Sriracha Ditarik dari Pasaran
Foto: viralportal.net

Dikhawatirkan Bisa Meledak, Ribuan Saus Sriracha Ditarik dari Pasaran

Senin, 30 Des 2019 | 12:02 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Saus kemasan botol dengan merek Sriracha Chili Sauce, sempat viral dan banyak diburu oleh masyarakat. Akan tetapi, baru-baru ini saus tersebut telah ditarik dari peredaran di beberapa negara seperti Singapura, Australia, dan Selandia Baru.

Dilansir dari World of Buzz, saus itu ditarik dari pasaran karena botol kemasannya yang dikhawatirkan dapat meledak setelah dibuka. Otoritas berwenang Singapura dan Selandia Baru, sudah memberikan pernyataan terkait penarikan ini.

“Penarikan peredaran diumumkan karena adanya penumpukan asam laktat, yang dapat menyebabkan botol tertentu kembung dan terus berfermentasi. Penumpukan tekanan dalam botol dapat menyebabkannya meledak setelah dibuka,” tulis Food Standards Australia New Zealand (FSANZ) di situs resminya.

Berdasarkan pernyataan itu, penumpukan asam laktat yang ada di dalam saus dapat menyebabkan botol kembung dan terus berfermentasi, sehingga bisa menyebabkan ledakan pneumatik saus yang akan mengenai wajah ataupun pakaian.

“Jangan buka botol yang terasa kembung dan kembalikan produk itu ke tempat membeli untuk mendapatkan refund penuh,” sambung mereka.

Disebutkan bahwa dalam satu kemasan botol ukuran 502 ml dan 828 ml, yang akan kadaluwarsa pada Maret 2021 harus segera dibuang.

Penarikan yang dilakukan tiga negara ini, serupa dengan apa yang dilakukan oleh Irlandia pada November lalu. Di mana otoritas setempat mengeluarkan peringatan bahaya saus Sriracha, dengan alasan yang sama.

“Ini menimbulkan risiko saus atau cabai pedas bisa mengiritasi mata atau kulit,” ujar mereka.

Saus kental yang pedas ini berasal dari California dan dibuat oleh seorang pengungsi asal Vietnam, David Tran, pada tahun 1980. Bahan yang digunakan juga mirip dengan saus lainnya, seperti cabai, cuka, dan bawang putih. Biasanya, orang-orang menyebut saus ini sebagai “hipster Tabsco” atau “saus ayam jago”, lantaran ada gambar ayam di kemasannya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...