Diklaim 90 Persen Efektif Lawan Corona, Vaksin Pfizer Masuk Indonesia?
Ilustrasi

Diklaim 90 Persen Efektif Lawan Corona, Vaksin Pfizer Masuk Indonesia?

Jumat, 20 Nov 2020 | 17:00 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Berbagai perusahaan di bidang kesehatan berlomba-lomba mengembangkan kandidat vaksin Covid-19. Beberapa di ntaranya bahkan mencatatkan klaim efektivitas tinggi, salah satunya vaksin Pfizer yang berada di atas 90 persen.

Menurut Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito sudah ada pembicaraan terkait kemungkinan masuknya vaksin COVID-19 selain Sinovac. Saat ini, vaksin Sinovac tengah menyelesaikan uji klinis fase 3 di Bandung, Jawa Barat.

"Sudah ada beberapa vaksin yang sudah mulai berkomunikasi dengan BPOM untuk membicarakan dikaitkan dengan satu akan melakukan uji klinik di Indonesia juga ada ya beberapa vaksin," kata Penny, Kamis (19/11).

"Jadi sudah ada beberapa. Moderna belum, tapi Pfizer, AstraZeneca, Sputnik juga sudah, dan saya kira nanti mereka akan mencari mitra industri farmasinya yang ada di sini," lanjutnya.

Nantinya, jika masuk Indonesia, baik untuk uji klinis maupun produksi, vaksin tersebut harus mencari perusahaan mitra di Indonesia. BPOM akan mengawal izin penggunaannya jika memang dinilai menjanjikan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...