Dinginnya AC Juga Bisa Sebabkan Sinus Loh!
Foto: Istimewa

Dinginnya AC Juga Bisa Sebabkan Sinus Loh!

Senin, 5 Jun 2017 | 11:05 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Pernahkah kamu merasa hidung tersumbat saat masuk ke ruangan dingin? Ya, AC bisa membuat hidung orang-orang tersumbat karena beberapa alasan. Dan kamu perlu mengetahui hal ini secepatnya.

Dr. John Ohman, kepala divisi alergi di Tufts Medical Center di Boston mengatakan, pertama, berjalan ke ruangan yang dingin dan kering dapat memicu hidung meler, seperti berjalan di luar pada hari musim dingin. Udara dingin tampaknya memicu refleks sistem saraf di hidung yang menyebabkan kelenjar di membran hidung menghasilkan lendir. Masalahnya mungkin sangat umum terjadi pada orang dengan alergi. Tapi perubahan suhu dan kelembaban hanya akan memicu hidung mampet yang singkat, kata Dr. Ohman.

"Mereka yang alergi bisa mengalami mampet karena partikel kecil seperti serbuk sari, spora jamur, polutan dan tungau debu bisa terjebak oleh filter AC dan kemudian dilepaskan ke udara saat mesin dinyalakan," kata Dr. Maria Garcia-Lloret, seorang ahli alergi. Di UCLA Sekolah kedokteran Polutan, bakteri tidak akan menyebabkan reaksi alergi, katanya, tapi bisa mengiritasi hidung. Paparan spora jamur dapat menyebabkan reaksi alergi yang mungkin sangat tahan lama.

Dr. Richard Lebowitz, ahli rhinologi di NYU Langone Medical Center, menekankan pentingnya mengubah filter AC secara teratur. "Jika kamu tidak menjaga AC dengan baik dan semua yang kamu hirup menyaring melalui debu raksasa ini. Mengusir debu ke udara, itu tidak terlalu membantu," katanya.

"AC dengan filter bersih benar-benar dapat mengurangi masalah sinus dengan mencegah alergen keluar dari udara," kata Dr. Lebowitz. Tapi tidak ada cara untuk menghindari pilek yang berasal dari perubahan suhu dan kelembaban.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...