Dinilai Merugikan Masyarakat, Kapolri Perintahkan Tindak Tegas Pinjol Ilegal
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Dok. Polri)

Dinilai Merugikan Masyarakat, Kapolri Perintahkan Tindak Tegas Pinjol Ilegal

Rabu, 13 Okt 2021 | 10:59 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh jajarannya untuk menindak tegas penyelenggara pinjaman online (pinjol). Langkah tersebut ditempuh setelah Polri menerima banyak laporan pinjol yang merugikan masyarakat.

"Kejahatan pinjol ilegal sangat merugikan masyarakat sehingga diperlukan langkah penanganan khusus. Lakukan upaya pemberantasan dengan strategi preemtif, preventif, maupun represif," kata Sigit dalam keterangannya, Selasa (12/10).

Sigit mengatakan pelaku kejahatan pinjol sering memberikan promosi yang membuat masyarakat tergiur menggunakan layanan tersebut. Hal ini yang kemudian membuat banyak korban pinjol.

"Harus segera dilakukan penanganan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat," ujar Sigit.

Kapolri menyebut para penyelenggara pinjol memanfaatkan situasi masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19, sehingga banyak warga tergiur menggunakan jasa pinjol ilegal.

Menurutnya, keberadaan pinjol ilegal sangat merugikan masyarakat. Sebab data diri korban akan dimanfaatkan jika telat membayar atau tidak bisa melunasi pinjamannya. 

Sigit kemudian juga menyoroti beberapa kasus bunuh diri yang disebabkan karena tak mampu membayar bunga yang tinggi dari pinjol ilegal.

"Banyak juga ditemukan penagihan yang disertai ancaman. Bahkan dalam beberapa kasus ditemukan para korban sampai bunuh diri akibat bunga yang semakin menumpuk dan tidak membayar," ucap eks Kapolda Banten tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...