Skip to main content

Dirjen Pajak: Pajak itu Seni, Tepatnya Seni Merayu

Ken DwijugiasteadiFoto: Tempo.co
Ken DwijugiasteadiFoto: Tempo.co

WinNetNews.com – Rendahnya kepatuhan wajib pajak (WP) di Indonesia penyebabnya adalah ketidaktahuan soal pajak. Terlebih lagi para WP yang bersifat perorangan. Salah satunya adalah para pekerja seni atau dikenal juga sebagai selebriti.

“Sesungguhnya pajak juga seni, lebih tepatnya seni merayu. Jadi, bagaimana membayar pajak sambil senyum itu memang susah,” kata Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi, seperti dikutip dari keterangan resmi, Senin (20/3/2017).

Menurut Ken, terkadang WP sudah membayar pajak yang dipotong oleh penyelenggara acara atau pelaksana program, tetapi tidak meminta bukti potong. Oleh karena itu, Ken mengingatkan WP artis harus mulai peduli dengan kewajibannya masing-masing.

“Usai amnesti pajak, Ditjen Pajak tidak segan-segan melakukan penegakan hukum wajib pajak yang tidak patuh dan tidak ikut amnesti pajak,” ungkap Ken.

Penegakan hukum adalah implementasi Pasal 18 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak. Ditjen juga Pajak mengancam, WP yang menolak untuk membereskan catatan perpajakan masa lalu dengan mengikuti program pengampunan pajak akan menghadapi risiko pengenaan pajak dengan tarif hingga 30% serta sanksi atas harta yang tidak diungkapkan dan kemudian ditemukan.

Menurut Ken, keseluruhan WP orang pribadi pekerja seni 1.307 WP, terdiri dari 958 pemain film/ sinetron dan musisi serta 349 pekerja seni lain. Dari 958 wajib pajak yang berprofesi sebagai pemain film, pemain sinetron, dan musisi, yang belum mengikuti program pengampunan pajak mencapai 75%. Sementara dari 349 WP yang masuk dalam kategori pekerja seni lainnya, tercatat sebanyak 46% atau 160 wajib pajak belum mengikuti amnesti pajak.

Ditjen Pajak mencatat, dari total WP orang pribadi pekerja seni yang telah ikut amnesti pajak per 13 Maret 2017 sebanyak 399 WP, total uang tebusan yang dibayarkan sebanyak Rp 186 miliar atau rata-rata Rp 468 juta. Dari jumlah itu total tebusan artis film dan musisi mencapai Rp 14,10 miliar. Tebusan paling rendah Rp 7.500 dan paling tinggi Rp 1,43 miliar.

"Uang tebusan Rp 1 miliar orang pribadi paling besar. Paling kecil Rp 7.500," ujarnya.

Kemudian total tebusan amnesti pajak pekerja bidang seni lainnya mencapai Rp 172,71 miliar. Dari jumlah itu, tebusan paling rendah Rp 232.800. Tebusan paling tinggi Rp 30,46 miliar, sehinga rata-rata tebusan Rp 1,08 miliar.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top