Dirumorkan Bakal Jalani Wajib Militer Secara Bersamaan, BTS Akan Tetap Wamil Tanpa Perlakuan Khusus!

Nisa Diniah
Nisa Diniah

Dirumorkan Bakal Jalani Wajib Militer Secara Bersamaan, BTS Akan Tetap Wamil Tanpa Perlakuan Khusus! Foto: Billboard

Winnetnews.com - BTS tak hanya dikenal di industri musik K-Pop saja tetapi juga di kancah musik Internasional. Sederet penghargaan dalam negeri dan Internasional telah mereka raih, mulai dari Billboard hingga American Music Awards.

Tetapi, sebagai warga negara yang baik, para member BTS tetap harus melaksanakan kewajiban mereka, yaitu wajib militer (wamil). BTS diprediksi bakal vakum dengan formasi lengkap selama 5 hingga 10 tahun karena dibutuhkan waktu setidaknya sekitar 2 tahun untuk menjalani wajib militer.

Jika para member BTS masuk wajib militer sesuai usia mereka, Jin akan menjadi member pertama yang akan berangkat wamil di tahun 2020 mendatang. Kemudian, member lainnya diperkirakan akan bergabung secara berurutan yaitu Suga, RM, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook. 

Padahal selama debut, BTS selalu disibukkan dengan aktifitas promosi bersama. Sehingga, muncul rumor bahwa BTS diprediksi akan masuk wajib militer secara bersamaan untuk mengurangi jarak vakum grup.

Baru-baru ini, pemerintah Korea mengumumkan bahwa mereka akan meninjau standar di mana warga Korea bisa dibebaskan dari wajib militer. Undang-undang Korea Selatan menyatakan bahwa pemenang kompetisi olahraga dan seni internasional bisa dibebaskan dari wajib militer karena peran mereka dalam menyebarkan budaya Korea secara internasional.

Untuk grup K-Pop seperti BTS yang menyebarkan budaya Korea melalui musik mereka dan kontribusi mereka terhadap negara, orang-orang percaya bahwa mereka juga harus dibebaskan dari wajib militer. Pemerintah menyatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan kembali hukum.

Tetapi, menurut Yonhap News, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, memutuskan untuk tidak memperluas kriteria pembebasan dari wajib militer. Perwakilan dari Kementrian menyatakan:

"Perluasan sistem kami adalah masalah diskusi pemerintah. Karena itu, grup-grup seperti BTS yang aktif di pasar musik Korea dan global diharapkan untuk wajib militer tanpa perlakuan khusus."

Banyak netizen Korea menyatakan kekecewaan mereka dalam keputusan ini. Mereka mengatakan bahwa saat ini BTS berkontribusi paling besar untuk menyebarkan budaya Korea dan bahwa hanya karena mereka belum memenangkan kompetisi internasional tidak berarti mereka tidak layak mendapat pembebasan wajib militer.

Apa Reaksi Kamu?