Dirut Telkomsel: Blokir Netflix Dibuka dalam Hitungan Minggu
Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro. (Foto: Kompas.com)

Dirut Telkomsel: Blokir Netflix Dibuka dalam Hitungan Minggu

Jumat, 12 Jun 2020 | 09:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengumumkan pemblokiran Netflix oleh Telkom, yang sudah dilakukan sejak 2016, kemungkinan akan dibuka dalam waktu dekat. Nantinya, pelanggan jaringan Telkom Group, seperti Telkomsel dan IndiHome, akan bisa mengakses layanan streaming di Netflix.

Ia menambahkan, saat ini Telkom Grup tengah dalam pembicaraan serius mengenai pembukaan akses Netflix. Setyanto mengakui, bahwa dahulu pihak Telkom Group dengan Netflix memiliki perbedaan pandangan.

"Ini bocoran sedikit kita sedang bicara serius dengan Netflix. Kita tahu bersama, mengapa Telkom Group ya, tidak hanya Telkomsel, tetapi Telkom Group secara keseluruhan, dulu tidak boleh memperbolehkan pelanggannya mengakses Netflix. Itu lebih karena alasan, etik. Ada beberapa hal yang emang tidak disepakati oleh pihak Netflix pada saat itu, terkait dengan kebijakan konten," kata Setyanto, dalam webinar diskusi Ngobrol@Tempo "Industri Telekomunikasi Menyambut Normal Baru", Kamis (11/6).

 

Menurutnya, Netfkux telah melakukan perubahan yang positif, sehingga menjadi pertimbangan Telkom Group untuk lebih serius melakukan pembicaraan dengan Netflix.

Perusahaan streaming film yang berbasis di Amerika Serikat itu dinilai sudah memiliki kebijakan penurunan konten yang lebih baik. Selain itu, Netflix juga sudah membuka diri bekerja sama dengan produsen-produsen konten lokal.

"Sekarang kita melihat Netflix sudah berubah, sudah banyak sekali berubah, parentalcontrol-nya lebih baik. Kemudian, Netflix sudah mau bekerja sama dengan produsen-produsen konten lokal. Kemudian, ada take down policy yang jauh lebih baik dibandingkan dulu. Intinya, sekarang kita sedang dalam proses secara serius untuk berbicara dengan Netflix dan menuju ke arah sana, memperbolehkan pelanggan kami mengakses Netflix dari jaringan Telkom Group," ungkapnya.

Setyanto kemudian memberikan estimasi pembukaan blokir Netflix bisa dilakukan dalam hitungan minggu ke depan.

"InshaAllah dalam hitungan minggu (dibuka blokirnya)," jelasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...