(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Dishub Akan Tegas Terhadap Pelanggar Parkir di Surabaya

Rusmanto
Rusmanto

Dishub Akan Tegas Terhadap Pelanggar Parkir di Surabaya ilustrasi

WinNetNews.com - Bulan depan, Dishub Kota Surabaya akan menindak tegas pelanggar parkir. Penindakan itu antara lain sanksi administratif dan denda sesuai jenis kendaraan dan pelanggarannya.

Kepala Dishub Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat mengatakan, sanksi pelanggaran parkir itu sudah diatur dalam UU No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan. Untuk itu, pihaknya selama akan terus mensosialisasikan sampai tanggal 1 November nanti.

"Sanksi administratif yaitu penguncian ban dan pemindahan kendaraan (derek). Sedangkan dendanya, bagi kendaraan roda 4 sebesar Rp 500 ribu dan paling banyak Rp 2,5 juta. Sementara bagi kendaraan roda 2 sebesar Rp 250 ribu dan paling banyak Rp 750 ribu," kata Irvan kepada detikcom, Sabtu (27/10/2018).

Untuk sanksi administratif, jelas dia, ada kendaraan parkir sembarangan dan ada pengendaraanya, langsung ditilang polisi. Tapi jika tidak ada pengendaranya, akan diberlakukan sanksi adminstratif oleh dishub.

Bagi pelanggar sanksi administratif ini, lanjut Irvan, pemilik atau pengendara bisa membayarkan denda melalui transfer ke bank yang sudah ditunjuk dishub. Kemudian pelanggar bisa menghubungi command 112 center bahwa telah membayar denda.

"Pemilik atau pengemudi menunjukkan bukti pembayaran sanksi denda yang sah kepada petugas patroli gabungan (yang telah dihubungi 112). Selanjutnya petugas patroli gabungan membuka kunci roda kendaraan pelanggar," terang Irvan.

Sedangkan bagi kendaraan yang diderek, pemilik atau pengemudi bisa langsung datang ke tempat lokasi penyimpanan kendaraan milik Dishub. Sama seperti dengan sanksi, pemilik atau pengendara kemudian menunjukkan tanda pembayaran kepada petugas.

"Setelah itu baru pemilik atau pengemudi kendaraan dapat membawa kendaraannya dari tempat penyimpanan," lanjut Irvan.

Menurutnya, peraturan tersebut sudah lama diatur oleh pemerintah. Namun, karena ada permintaan termasuk dari Ombusman untuk memperpanjang sosialisasinya, maka peraturan ini akan diterapkan mulai bulan depan. Tepatnya tanggal 1 November 2018.

"Jadi, sosialisasi peraturan ini sudah cukup lama," pungkasnya. 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Awas, Bulan Depan Dishub Sanksi Tegas Pelanggar Parkir di Surabaya"

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});