Dishub DKI: Hari Ini Resmi APTB Tak Boleh Masuk Jalur Busway

Wahyu
Wahyu

Dishub DKI: Hari Ini Resmi APTB Tak Boleh Masuk Jalur Busway
Winnetnews.com - Jika beberapa waktu lalu Dishub DKI telah mengancam bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Trans Jakarta (APTB) tidak boleh masuk jalur busway per 1 Juni, kali ini dibuktikan oleh pihak Dishub.

Walau tak boleh masuk jalur busway, tetapi Pemprov DKI tidak melarang bus APTB melintas di jalur regular Ibukota.

"Betul sekali, enggak boleh masuk jalur busway hari ini. Boleh masuk Jakarta tapi enggak boleh mausk koridor busway " ungkap Kadishubtrans DKI Andri Yansyah.

Andri menyebut, bus APTB hanya diperbolehkan beroperasi di luar jalur TransJakarta. Dengan begitu, bus-bus berwarna biru itu bisa bersaing tarif dan penumpang dengan bus kota lainnya.

Salah satu alasan larangan ini karena keluhan terhadap perilaku sopit APTB yang tidak menaikan penumpang di halte karena tidak dikenakan biaya lagi. Disamping itu ada juga yang memungut ongkos di dalam koridor busway, padahal seharusnya gratis dan tidak di pungut biaya sedikit pun.

Pihak Dishubtrans DKI mengambil langkah tegas melarang bus APTB setelah menyediakan 600 bus dari Kementerian Perhubungan untuk dioperasikan pada layanan TransJakarta dan TransJabodetabek, termasuk yang melayani trayek bus APTB.

Meski demikian, Dishubtrans DKI Jakarta memberikan tiga opsi kepada operator APTB. Pertama, pihak APTB dapat mengurus izin baru ke Kementerian Perhubungan/BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek) sesuai ketentuan sebagai angkutan perkotaan yang melampaui satu provinsi. Kedua, APTB bisa bergabung dengan layanan TransJakarta dengan terlebih dahulu mengikuti prosedur penetapan skema rupiah per kilometer (Rp/Km) pada sistem e-katalog LKPP.

Apa Reaksi Kamu?