Dishubtrans DKI Dapat Hibah 600 Bus

Dishubtrans DKI Dapat Hibah 600 Bus

Rabu, 13 Jan 2016 | 06:53 | Rusmanto
WinNetNews.com - Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI akan menerima hibah 600 bus dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Bus-bus tersebut diproyeksikan melayani rute antar kota.

"Beberapa waktu lalu, Pak Menhub ngomong ke saya katanya bulan ini mau diturunkan 600 bus hibah tersebut," ujar Kadis Perhubungan dan Transportasi (Kadishubtrans) DKI Andri Yansyah saat dihubungi, Selasa (12/1/2016).

Andri menyebut layanan antar kota itu nantinya berada di bawah TransJabodetabek milik operator Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD). Dengan kata lain, 600 bus diperuntukkan melayani rute dari Bogor-Depok-Tangerang-Depok (Bodetabek) menuju Jakarta.

Untuk membicarakan rencana pengoperasian dengan lebih matang, mantan Camat Jatinegara tersebut berencana memanggil pihak APTB, PPD dan TransJakarta pada Kamis (14/1). Tujuannya agar dapat mengintegrasikan bus itu dengan moda TransJakarta dan lainnya, termasuk di luar Bus Rapid Transit (BRT).

Dengan dioperasikannya rute perjalanan dari daerah penyangga tersebut diharapkan bisa mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang masuk ke Ibu Kota.

Saat ini pihaknya belum dapat memastikan kapan pengoperasian bus tersebut. Namun yang pasti, setelah 600 unit bus diketahui rencana operasionalnya maka Dishubtrans berencana memanggil para operator APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway), seperti Bianglala, Mayasari Bhakti dan lainnya untuk duduk bersama.

Sebab, APTB diproyeksikan mengganti trayek Metromini dalam waktu dekat. Sehingga rute perjalanan bus APTB itu pun berubah. Di mana, nantinya APTB bakal mengisi trayek-trayek Metromini dalam kota dan tidak lagi melayani penumpang antar kota.

Tentu saja APTB harus sudah menggunakan sistem rupiah per kilometer. Namun apabila operasional TransJabodetabek belum dapat memenuhi perjalanan masyarakat dari dalam ke luar kota atau sebaliknya, maka pihaknya masih mengizinkan APTB melayaninya.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...