Dispatch Beberkan Kronologi Pembubaran X1 Melalui Voting Agensi
Foto: Kstarlive

Dispatch Beberkan Kronologi Pembubaran X1 Melalui Voting Agensi

Kamis, 9 Jan 2020 | 14:40 | Nisa Diniah

Winnetnews.com - Pembubaran grup jebolan "Produce X 101", X1 pada 6 Januari 2020 meninggalkan kekecewaan dan ketidakpuasan bagi sejumlah pihak, khususnya penggemar. Outlet media Dispatch pun akhirnya membagikan detail terbaru terkait kronologi pembubaran grup beranggotakan 11 member tersebut.

Pada tanggal 9 Januari 2020, Dispatch merilis timeline detail pembubaran X1 untuk memberikan pemahaman kepada penggemar. Menurut laporan tersebut, perwakilan dari agensi member X1 bertemu di kantor pusat CJ ENM di Seoul, Korea Selatan pada 6 Januari pukul 16:00 KST, untuk mengambil keputusan tentang masa depan grup X1.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Cho Yoomyung, CEO agensi manajemen X1 yakni Swing Entertainment, serta 9 perwakilan dari sembilan agensi masing-masing member yaitu PlayM Entertainment (Han Seung Woo), Yuehue Entertainment (Cho Seung Youn), TOP Media (Kim Woo Seok), OUI Entertainment (Kim Yo Han), MBK Entertainment (Lee Han Gyul and Nam Do Hyon), Woollim Entertainment (Cha Jun Ho), DSP Media (Son Dong Pyo), Starship Entertainment (Lee Eun Sang), serta Source Music (Kang Min Hee and Song Hyeong Jun).

Sebelum memberikan voting untuk masa depan X1, perwakilan agensi dilaporkan mendiskusikan pertanyaan apakah grup X1 harus melanjutkan promosi mereka atau bubar. Diskusi tersebut berlangsung selama kurang lebih satu jam.

Menurut Dispatch, kesembilan agensi kemudian melakukan pemungutan suara anonim, dengan kesepakatan bahwa X1 hanya akan terus mempromosikan sebagai sebuah grup jika kesembilan agensi dengan suara bulat mendukung keputusan tersebut (Jika ada satu agensi memilih untuk pembubaran, X1 akan bubar).

Hasil voting dari 9 perwakilan agensi adalah sebagai berikut: 4 suara untuk 'Ya', 4 suara untuk 'Tidak', dan satu suara 'Tidak Diputuskan'. Hasil voting untuk satu suara yang 'Tidak Diputuskan' akhirnya diabaikan (yang berarti itu tidak akan mempengaruhi hasilnya). Seluruh proses voting hanya membutuhkan 10 menit untuk menyelesaikannya.

image0

Eksekutif CJ ENM, yang meninggalkan ruangan selama voting, kemudian kembali untuk mendengar keputusan akhir dari sembilan agensi. Semua orang setuju untuk tetap di ruangan sampai CJ ENM telah mengeluarkan siaran pers resminya, untuk memastikan bahwa berita itu tidak bocor sebelum waktunya.

Satu agensi dilaporkan menyarankan agar mereka menunggu beberapa hari untuk mengumumkan berita pembubaran X1 tetapi mayoritas agensi sepakat bahwa lebih baik untuk bergerak maju dengan memberikan pengumuman pasti sesegera mungkin.

Beberapa perwakilan dari agensi mengungkapkan bahwa para member X1 telah menyatakan keinginan mereka untuk menghadiri pertemuan sebelum keputusan akhir dibuat. Namun, seorang perwakilan agensi menentang gagasan itu dan menjelaskan bahwa mereka telah membahas masalah tersebut dengan para member sebelumnya.

Seorang perwakilan agensi tersebut mengatakan, "Kami sudah berunding dengan anak-anak. Mengapa mereka harus ada di sini? Keputusan ini harus dibuat oleh perusahaan."

Menurut Dispatch, Cho Yoomyung menyarankan agar X1 merilis satu lagu terakhir sebelum mereka bubar tetapi beberapa agensi menentang ide tersebut. Perwakilan agensi lainnya juga dilaporkan menyarankan bahwa X1 merekam video perpisahan untuk penggemar tetapi, gagasan itu tidak mendapat persetujuan dengan suara bulat.

Akhirnya pada pukul 18:15 KST, berbagai agensi memberi tahu para member X1 tentang hasil voting, sekitar setengah jam sebelum berita pembubaran X1 dirilis.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...