Ditanya Soal Janji Akan Tutup Alexis, Ini Kata Anies Baswedan

Ditanya Soal Janji Akan Tutup Alexis, Ini Kata Anies Baswedan sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Anies Baswedan berjanji akan menjalankan semua janji dalam kampanyenya setelah dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Pesan ini kami terima sejak kampanye. Niat kita menunaikan sebaik-baiknya," kata Anies usai Doa bersama DPW PKS, di Cempaka Putih, Jakarta, Minggu, (15/10/2017).

Termasuk masalah hotel Alexis yang pernah disinggungnya dalam debat.Anies akan menutup hotel tersebut apabila terbukti melanggar peraturan daerah mengenai ketertiban umum, salah satunya larangan prostitusi.

‎"Semua rencana akan kita jalankan. Semua janji akan kita tunaikan‎," katanya.

Anies belum mau berkomentar ketika ditanya program apa saja yang akan dia laksanakan di awal pemerintahannya.Anies baru mengatakan program prioritas setelah dilantik sebagai gubernur.

‎"Kami hari ini konsentrasi senin 16 Oktober (pelantikan). Sesudah itu akan kami sampaikan program-progrma kita mulai tgl 17, termasuk rencana-rencananya. Semua sudah disiapkan. Langsung saja tanggal 17. Jangan disampaikan sekarang," katanya.

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Senin (16/10/2017).

Diberitakan sebelumnya, serah terima jabatan kepemimpinan di ibu kota rencananya digelar pada hari yang sama dengan jadwal pelantikan Gubernur DKI Jakarta di Istana pada 16 Oktober 2017.

Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebelum serah terima jabatan di Balai Kota DKI Jakarta.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono, mengatakan Sertijab dari Djarot Saiful Hidayat kepada Anies Baswedan paling cepat dilakukan satu jam setelah pelantikan dan paling lambat tiga hari setelah pelantikan.

Pelantikan Anies-Sandi akan berlangsung di Istana Negara dipimpin langsung Jokowi.

Acara di Istana itu diawali dengan pengucapan sumpah dan janji, pakta integritas dan pelantikan.

Ramah tamah dengan para undangan digelar usai pelantikan. "Tambah di dalamnya ada foto dengan presiden lah kira-kira," ujar Sumarsono.

Kedatangan Anies-Sandi akan menjadi momen pertama Anies-Sandi berkantor di Balai Kota sebagai kepala daerah di ibu kota.

Saat tiba di Balai Kota, Anies-Sandi akan disambut dengan tradisi Betawi mulai dari tarian selamat datang hingga tradisi Palang Pintu.

Anies-Sandi selanjutnya akan melaksanakan upacara Sertijab, setelah itu keduanya dijadwalkan menemui warga di halaman Blok G Balai Kota. Di sana akan disediakan sebuah panggung bagi Anies-Sandi untuk berkomunikasi dengan warga.

Pada hari yang sama, pasangan yang diusung PKS dan Gerindra ini juga diagendakan untuk bersilaturahmi dengan segenap pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Acara selanjutnya adalah pidato Anies sebagai Gubernur DKI terpilih di hadapan anggota DPRD dalam sidang paripurna istimewa DPRD DKI Jakarta.

Sampai saat ini pihak Anies-Sandi belum memberi tahu apakah akan menggelar pesta rakyat atau tidak saat Sertijab di Balai Kota.

Saat era Gubernur Joko Widodo, pesta rakyat digelar di halaman Gedung DPRD DKI Jakarta, dengan melibatkan warga dan relawan.

Pelantikan Anies Baswedan-Sandiaga Uno merupakan rangkaian acara Pilkada DKI Jakarta 2017.

Keduanya terpilih sebagai pemimpin ibu kota setelah mengalahkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni di Pilkada 2017.

Berdasarkan data KPU DKI Jakarta, di putaran kedua Anies-Sandi mendapat 57,96 persen atau 3.240.987 suara dan Ahok-Djarot hanya meraih 42,04 persen atau 2.350.336 suara.

Anies-Sandi diusung oleh Partai Gerindra dan PKS, sedangkan Ahok-Djarot didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Hati Nurani Rakyat, Golkar, dan NasDem.