Ditemukan Lebih 200 Makam Fiktif di DKI

Ditemukan Lebih 200 Makam Fiktif di DKI

Rabu, 10 Agt 2016 | 07:01 | Rusmanto
WinNetNews.com - Pemprov DKI terus membongkar makam yang terbukti fiktif di berbagai TPU. Yang terbaru, makam fiktif yang dibongkar adalah di TPU Penggilingan, Jakarta Timur.

"Kemarin di Penggilingan ada 14 yang teridentifikasi fiktif. Ada pembongkaran," kata Kadis Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Djafar Muchlisin saat dihubungi, Selasa (9/8/2016) malam.

Mayoritas makam fiktif itu adalah pesanan dari warga. Di antara 14 makam fiktif itu, sudah ada beberapa ahli waris yang menggembalikan Izin Penggunaan Tanah Makam (IPTM) ke pengelola TPU.

"Sudah ada 422 makam yang terindikasi fiktif. Sebanyak 345 sudah kita yakini fiktif, sudah diklarifikasi. Yang sudah dibongkar ada 277," ungkapnya.

Menurut Djafar, sudah cukup banyak ahli waris yang akhirnya mengembalikan IPTM sejak gencarnya pemberitaan soal makam fiktif. Apalagi, Pemprov DKI sudah menetapkan batas waktu hingga 3 September 2016 mendatang.

Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memandang makam fiktif ini bisa memunculkan ketidakadilan terhadap akses makam untuk semua masyarakat. Makam fiktif baru bisa didapat bila membayar uang ilegal senilai jutaan rupiah maka praktik makam fiktif harus diberantas.

"Yang punya duit (jenazahnya) bisa di posisi yang enak. Yang enggak punya duit (jenazahnya) dibuang ke mana?" ujar Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (2/8/2016).

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...