Diterpa Kontroversi Jet Pribadi, Pangeran Harry ‘Ngotot’ Bela Dirinya dan Meghan
Harry dan Meghan (sumber: The Cheat Sheet)

Diterpa Kontroversi Jet Pribadi, Pangeran Harry ‘Ngotot’ Bela Dirinya dan Meghan

Rabu, 4 Sep 2019 | 09:40 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Pangeran Harry akhirnya buka suara perihal kontroversinya dalam penggunaan jet pribadi untuk liburan bersama Meghan Markle dan putranya, Archie.

Pernyataan Harry disampaikan dalam sebuah agenda Travalyst pada Selasa (03/09) di Amsterdam, Belanda. Pada kesempatan tersebut, Harry terlihat ‘ngeyel’ dengan melakukan pembelaan diri terhadap aksinya tersebut.

Ironisnya, pembelaan Harry terlihat seperti sebuah hipolkrisi, melihat Travalyst adalah sebuah agenda yang mempromosikan industri sustainable travel dengan embel-embel catalyst good.

Sebelumnya, Duke and Duchess of Sussex ini kedapatan menggunakan jet pribadi untuk berlibur ke Eropa. Tidak tanggung-tanggung, keduanya menggunakan empat jet sekaligus dalam kurun waktu 11 hari untuk penerbangan ke Spanyol dan Perancis.

Baik Harry dan Meghan menerima kritik luar biasa dari publik pasca insiden penggunaan jet pribadi. Para pakar lingkungan menyebutkan jika jejak karbon pada pesawat jet pribadi jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pesawat komersial. Hal inilah yang memunculkan polemik di kalangan masyarakat internasional karena dianggap tidak sesuai dengan kampanye lingkungan yang selama ini selalu digembor-gemborkan oleh Meghan dan Harry.

Melansir dari Huffington Post, Rabu (04/09), Harry berbicara dari mimbar, “Aku datang kemari menggunakan pesawat komersial. Aku menghabiskan 99 persen hidupku mengelilingi dunia dengan pesawat komersial. Terkadang ada kondisi atau keadaan tertentu yang memaksaku untuk memilih alternatif lain, sebagai penjamin keselamatan bagi keluargaku. Ini sebenarnya masalah yang simpel.”

Harry ngotot membela diri jika aksinya sudah diperhitungkan. “Saya selalu membuat perhitungan matang mengenai keseimbangan karbon monoksida yang saya hasilkan. Hal ini merupakan sesuatu yang benar dan kita harus tetap tenang dalam menyikapinya.

“Kita semua dapat melakukan hal yang lebih baik dan saya percaya bahwa tidak ada satupun dari kita yang sempurna. Kita memiliki tanggung jawab masing-masing terhadap pengaruh pribadi kita kepada lingkungan," jelas Harry

Kontoversi Harry dan Meghan tidak selalu menimbulkan cibiran. Pasalnya, musisi kelas kakap asal Inggris, Elton John, justru membela kedua pasangan ini. Elton membela kawannya dengan dalih bahwa dirinyalah yang menyewakan apartemen miliknya di Nice dan memberi kedua pasangan tersebut sebuah jet pribadi dengan level keamanan yang tinggi. Ia meyakinkan publik bahwa pesawat jet tersebut memiliki teknologi carbon-neutral.

Selain Elton John, penyanyi asal Amerika Serikat, Pink, juga menyampaikan dukungan morilnya terhadap Harry dan Meghan. Dukungan Pink ini disampaikan saat dirinya menjadi bintang tamu di talk show milik Ellen DeGeneres.

Aktirs Jameela Jamil bahkan menuduh Inggris berserta seluruh medianya melakukan ujaran rasis terhadap dua pasangan ini. “Katakan saja kalian (Inggris dan media) membenci Meghan karena dia berkulit hitam. Kalian tambah membencinya karena seorang pria kulit putih menikahi wanita kulit hitam.

“Tidak aman jika para penumpang harus naik pesawat dengan warga sipil ataupun presiden. Mereka ini adalah pihak-pihak yang kerap menjadi target penculikan dan pembunuhan. Kita sebagai warga biasa harus menjaga keselamatan kita dari kemungkinan-kemungkinan tersebut,” celetuk Jameela.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...