Dituding Curang, Dispatch Bantu Buktikan Kemenangan Kang Daniel di Acara SBS MTV "The Show"
via Twitter.com/@sbsmtvtheshow

Dituding Curang, Dispatch Bantu Buktikan Kemenangan Kang Daniel di Acara SBS MTV "The Show"

Kamis, 5 Des 2019 | 12:22 | Nisa Diniah
Winnetnews.com - Seperti yang diberitakan sebelumnya, para penggemar AOA ramai-ramai menuntut program musik SBS MTV "The Show" untuk menjelaskan bagaimana trofi kemenangan minggu ini diraih oleh Kang Daniel. Hal ini karena menurut penggemar ada beberapa hal yang mencurigakan.

Hal pertama yang menjadi sorotan adalah Kang Daniel yang mendapat nilai sempurna (4000) pada hasil penjualan digital dan fisik sementara dia tidak merilis album fisik. Kemudian para penggemar juga membandingkan lagu AOA "Come See Me" yang masih ada di tangga lagu sedangkan lagu "Touchin'" Kang Daniel sudah keluar dari tangga lagu.

Menanggapi hal ini, pihak SBS MTV "The Show" telah buka suara dengan membeberkan data dan standar penilaian yaitu 40% digital, 10% album, 20% MV, 15% penilaian ahli, 5% pre-vote, 10% live vote. Sedangkan untuk data digital dan album diperoleh dari Gaon. Hal yang ditekankan oleh "The Show" adalah meski Kang Daniel tidak merilis album, dia masih meraih poin yang tinggi dan tidak ada kesalahan pada pemberian kemenangan padanya.

Hal yang sama juga diungkap media Korea Dispatch yang membantu mengungkap hasil skor Gaon Chart dan membuktikan kemenangan Kang Daniel. Melalui laporan Dispatch, Gaon Chart telah mengklarifikasi data yang membuat Kang Daniel menang di "The Show" pada 3 Desember lalu.

Dispatch menyatakan bahwa beberapa penggemar mengutip chart realtime Melon untuk mempertanyakan kemenangan Kang Daniel. Mereka bertanya bagaimana dia bisa menang untuk lagu "Touchin'" ketika lagu tersebut telah keluar dari tangga lagu, sementara AOA "Come See Me" mempertahankan peringkat antara No. 50 hingga 70.

Menanggapi hal ini, Dispatch membeberkan bahwa dalam penyelidikan mereka tidak menunjukkan masalah dengan penghitungan skor untuk "The Show." Menurut data yang dikumpulkan oleh Gaon Chart, skor Kang Daniel empat kali lebih tinggi daripada AOA.

Dispatch membagikan data dari Gaon Chart yang menunjukkan bahwa "Touchin'" Kang Daniel memiliki poin digital pada Gaon 48.728.828, sementara AOA "Come See Me" memiliki 10.877.791 dan "Blue Flame" ASTRO memiliki 6.941.875. Data tersebut dikumpulkan dari 23 November hingga 29 November.

Selain itu, Gaon Chart juga menyediakan "The Show" dengan data YouTube. Mereka mengungkap bahwa skor YouTube untuk lagu "Touchin'" adalah 2.024.601, dan "Come See Me" memiliki skor 2.718.739 sedangkan "Blue Flame" memiliki 3.773.435.

image0

Dispatch juga bertanya kepada sumber dari "The Show" dan Gaon Chart tentang hal ini. Mereka mengkonfirmasi bahwa skor fisiknya nol, namun mereka mengklarifikasi bahwa skor digitalnya jauh lebih tinggi, yang tercermin dalam peringkatnya di "The Show. "

Menanggapi hal ini, banyak netizen yang justru merasa kasihan pada Kang Daniel karena dia sempat mendapat hujatan karena masalah ini. 

"Wow, Kang Daniel pasti berpikir itu sangat tidak adil. Dia mendapatkan banyak kebencian atas ini khususnya di situs Pann," kata seorang netter.

"Semua orang terus berusaha mengklaim bahwa dia menang melalui koneksi ... tapi dia benar-benar layak memenangkannya," tutur netter lain.

"Penggemar grup tertentu itu mulai ribut dari tadi malam sampai dini hari ini," seru netter lain.

"Jadi ke mana semua haters pergi? Semua orang yang terus meminta bukti data? Ini dia," tambah netter lain.

"Kasihan Kang Daniel, dia pasti takut untuk meraih peringkat #1 lagi," ujar netter lain.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...