Dituding Curang, Polisi Temukan Barang Bukti Rekaman Percakapan Staf Soal Manipulasi Voting Produce X 101

Nisa Diniah
Nisa Diniah

Dituding Curang, Polisi Temukan Barang Bukti Rekaman Percakapan Staf Soal Manipulasi Voting Produce X 101 Foto: Koreaboo

Winnetnews.com - Kecurigaan semakin berkembang tentang kemungkinan adanya kecurangan dalam pemilihan final program survival Mnet Produce X 101. Polisi telah menemukan bukti baru yang bisa mendukung teori tersebut.

Sebelumnya, pada tanggal 31 Juli, tim investigasi cyber dari Kantor Polisi Metropolitan Seoul melakukan investigasi dan penyitaan markas CJ E&M di Sangam-dong, Mapo-gu, Seoul dan pusat data pemungutan suara untuk mengumpulkan bukti tentang kemungkinan manipulasi voting. Mereka melakukan penyelidikan ini hanya 5 hari setelah membuka penyelidikan internal.

Menurut laporan eksklusif, setelah memeriksa bukti yang diperoleh, ditemukan bahwa salah satu ponsel anggota tim produksi berisi rekaman audio yang secara langsung menyebutkan manipulasi. Selain menyebutkan manipulasi Produce X 101, manipulasi musim lain juga disebutkan. Dengan bukti ini, polisi melakukan pencarian dan penyitaan kedua pada 12 Agustus, kali ini dari markas CJ E&M dan rumah anggota staf.

Polisi juga mempertimbangkan untuk menambahkan tuduhan penghalang bisnis ke tim produksi, karena mereka mengumumkan peringkat akhir secara berbeda dari yang seharusnya, tetapi mereka tidak bisa menjelaskan lebih lanjut tentang masalah tersebut saat ini.

Produce X 101 sebelumnya berkomentar tentang hasil palsu, mengatakan bahwa angka yang ditampilkan bukan angka sebenarnya, tetapi peringkat tidak akan berubah. Sebagai tanggapan, seorang politisi memanggil pertunjukan, meminta penyelidikan, dan banyak ahli berkomentar tentang bagaimana angka yang ditunjukkan hampir tidak mungkin dicapai.

Apa Reaksi Kamu?