Dituding Plagiat 'Squid Game', Variety Show China Ini Banjir Kritik

Nisa Diniah

Dipublikasikan sebulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Dituding Plagiat 'Squid Game', Variety Show China Ini Banjir Kritik
Foto: Netflix

Winnetnews.com -  Serial Netflix Squid Game telah meraih kesuksesan di seluruh dunia sejak pemutaran perdananya sebulan yang lalu. Dengan pencapaian luar biasa ini, parodi terkait Squid Game telah bermunculan di seluruh dunia.

Mulai dari game dalgona hingga baju olahraga hijau, serial ini telah menginspirasi banyak negara. Tapi, salah satu variety show asal China menuai kritik tajam dari netizen Korea atas plagiarisme terang-terangan mereka dari serial ini.

Platform video asal China, Youku, dikabarkan akan merilis sebuah variety show berjudul Squid's Victory. Menurut pengumuman tersebut, para kontestan acara Squid's Victory akan memainkan permainan masa kecil dan mengikuti alur cerita. Youku mengumumkan bahwa Squid's Victory akan dirilis pada tahun 2022.

Pemerintah China telah menerapkan larangan ketat pada acara Korea dan K-Pop di China, tapi tampaknya mereka tidak melarang perusahaan produksi plagiat acara Korea. Kali ini, salah satu perusahaan produksi China justru secara terang-terangan meniru serial Squid Game.

Program Squid's Victory tidak hanya menjiplak nama dari serial Squid Game, tapi logonya juga menggunakan aspek yang hampir mirip dari lingkaran merah muda, segitiga, dan bentuk persegi.

image0
Serial Squid Game dan Variety Show China Squid's Victory

Kabarnya, netizen China merasa malu dengan kemiripan acara ini dengan Squid Game dan menuntut program tersebut agar mengganti nama dan logonya.

Pihak Youku sendiri telah buka suara dan menyatakan bahwa kemiripan tersebut terjadi karena adanya kesalahan error pada proses pengerjaan. Mereka meminta maaf dan akan merilis poster baru.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...