Diumukannya Paket kebijakan ekonomi jilid II, Rupiah dibuka menguat

Diumukannya Paket kebijakan ekonomi jilid II, Rupiah dibuka menguat

Jakarta - Dibuka menguat dan bergerak di zona hijau, Laju nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Rupiah dibuka menguat tipis 3 poin ke level Rp 14.687 dari posisi penutupan perdagangan kemarin Rp 14.690 per USD. Sementara kurs tengah Bank Indonesia kemarin, rupiah melemah 32 poin menjadi Rp 14.728 dari hari sebelumnya di level Rp 14.696 per USD. di ambil Data Bloomberg Rabu (30/9) .

Rupiah yang terbawa arus penguatan USD di pasar Asia semenjak Selasa pagi berhasil mengoreksi pelemahannya menjelang pengumuman paket kebijakan Jilid II yang disampaikan oleh pemerintah. Jelas Analis PT Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta.

Menurutnya, paket kebijakan II yang ditujukan untuk mendorong investasi serta peningkatan devisa, terlihat lebih rinci dan lebih baik dibandingkan paket kebijakan I. Alhasil, pengumuman tersebut mampu mengangkat harapan pertumbuhan serta stabilitas Rupiah ke depan.

"Rupiah berpeluang menguat hari ini, selain didukung faktor domestik juga terbantu dolar indek yang turun dini hari tadi," jelas Rangga.