Diumumkan Paket Kebijakan Ekonomi III Nanti Sore

Muchdi
Muchdi

Diumumkan Paket Kebijakan Ekonomi III Nanti Sore
WinNetNews.com - Paket kebijakan ekonomi tahap III akan diumumkan sore nanti Ujar Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution. "Bisa dibilang paket ketiga atau Oktober," katanya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 7 Oktober 2015. Rencananya, paket itu akan diumumkan langsung oleh Darmin di Istana Kepresidenan.

Ketika ditanya tentang kajian perubahan harga bahan bakar minyak jenis Premium, Darmin mengaku sudah merampungkannya. Namun dia enggan merinci isi paket itu. "Tunggu nanti sore sajalah, jam 5."

Pekan lalu, Presiden Joko Widodo memanggil para menterinya untuk membahas rumusan paket kebijakan ekonomi tahap III. Dalam rapat itu, Jokowi meminta agar paket kebijakan tersebut mempertimbangkan beberapa hal.‎ Pertama, dia meminta ada kajian mengenai kemungkinan penurunan bunga bank. Salah satu caranya, mengefisiensi biaya operasional perbankan. ‎

Kedua, Presiden meminta agar daya beli ditingkatkan. Caranya, menggiatkan proyek padat karya. Dengan dilibatkannya masyarakat dalam proyek pemerintah, diharapkan mereka bisa mendapat lebih banyak masukan dan mampu meningkatkan daya beli. ‎

Hal lain yang juga harus diperhatikan dalam paket kebijakan ketiga adalah mengenai restrukturisasi usaha kecil dan menengah.

Bukan cuma itu, Jokowi juga menyoroti soal harga bahan bakar minyak. Sebelum paket kebijakan ketiga ini diluncurkan, dia meminta Pertamina mengkaji kembali harga Premium. ‎"Apakah masih mungkin Premium itu diturunkan, meskipun hanya sedikit.‎‎"

Pada 9 Septem‎ber 2015, pemerintah sudah menerbitkan paket kebijakan ekonomi tahap pertama. Paket itu diluncurkan sebagai tanggapan makin lemahnya kondisi ekonomi dalam negeri. Setelah paket pertama diterbitkan, pemerintah kembali mengeluarkan paket kebijakan kedua pada 29 September 2015.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});