Divonis 15 Tahun Penjara, Istri Setya Novanto Nangis
Foto:Istimewa

Divonis 15 Tahun Penjara, Istri Setya Novanto Nangis

Selasa, 24 Apr 2018 | 14:55 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com- Majelis hakim sudah memutuskan Setya Novanto tersangka kasus korupsi e-KTP, dengan 15 tahun penjara. Saat putusan dibacakan sampai vonis dijatuhkan, Novanto terlihat tertunduk lesu. Selain itu, sang istri, Deisti Astriani Tagor juga terlihat tertunduk usai vonis dibacakan. Ia terlihat menahan air mata. Deisti langsung keluar dari ruang persidangan. 

Sementara itu, Setya Novanto keluar dari pintu di belakang meja penasehat hukum. Tidak hanya divonis 15 tahun penjara, Setya Novanto juga  dihukum membayar uang pengganti USD 7,3 juta yang dikurangi Rp 5 miliar uang yang sudah dikembalikan Novanto. Duit ini terkait penerimaan Novanto dari proyek pengadaan e-KTP.

Majelis hakim menyatakan apabila Novanto tidak membayar hukuman uang pengganti dalam waktu 1 bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap, maka harta bendanya disita dan dilelalang. Apabila harta yang disita tidak mencukupi membayar uang pengganti, maka Novanto dipidana penjara selama 2 tahun. 

Setelah mendengan putusan tersebut, Setya menyatakan belum menerima putusan hakim itu. "Dengan tidak mengurangi rasa hormat, setelah saya berkonsultasi dengan tim kuasa hukum dan keluarga, mohon diberi waktu untuk pikir-pikir," kata Setya Novanto. 

Ketua Majelis Hakim Yanto memberikan waktu selama seminggu supaya Setya menentukan sikap. Jika Setya Novanto tidak melakukan upaya hukum banding, maka keputusannya berkekuatan hukum tetap. Sedangkan jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi juga menyatakan sikap yang sama.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...