Dolar AS Tetap Kuat Terhadap Yen

Dolar AS Tetap Kuat Terhadap Yen

Dolar melemah terhadap beberapa mata uang Asia, termasuk rupiah Indonesia. Pada perdagangan sore di Tokyo, dolar dibeli 121,02 yen, datar dari posisi di New York pada Kamis sore dan lebih tinggi dari 119,98 yen sehari sebelumnya. Euro lebih kuat di US$1,1257 terhadap US$1,1239 dol di perdagangan AS, sementara itu naik menjadi 136,29 yen dari 136,03 yen.

Sentimen mendapat dukungan setelah Departemen Perdagangan, Kamis melaporkan bahwa ekonomi AS tumbuh pada tingkat tahunan 3,7 persen pada kuartal kedua, jauh lebih tinggi dari perkiraan awal 2,3 persen. Angka-angka yang kuat datang di tengah ketidakpastian jadwal kenaikan suku bunga Fed, karena gejolak pasar dan kekhawatiran tentang China menimbulkan pukulan ekspektasi kenaikan suku bunga bulan depan.

Gubernur-gubernur bank sentral dan pakar lainnya dari seluruh dunia sedang menuju Jackson Hole, Wyoming, untuk simposium tahunan The Fed. Para investor akan memonitor dengan cermat pembicaraan untuk informasi tentang kapan The Fed mulai menaikkan tingkat suku bunga. Sebuah kenaikan suku bunga secara umum mengangkat dolar karena investor mencari keuntungan lebih tinggi. (jk)