Dor! Aparat Terpaksa Lumpuhkan Residivis!

Dor! Aparat Terpaksa Lumpuhkan Residivis! Polres Jakarta Utara saat jumpa wartawan terkait kasus residivis/Foto: Karna H

WinNetNews.com – Seorang terduga pelaku pencurian dengan kekerasan dan pemberatan, melawan juga menyerang petugas. Aparat Polres Jakarta Utara akhirnya mengambil langkah tegas terhadap bromocorah spesialis rumah kosong itu dengan menembaknya. Kapolres Jakarta Utara, Kombes Pol. Dwiyono mengungkapkan, pelaku yang tewas ditembak anggotanya tersebut yakni berinisial SA (39).

“Pelaku merupakan seorang residivis,” ujar Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Dwiyono SIK, MSI didampingi Wakasat Reskrim Kompol Pujiyarto, SH, dan Kasubbag Humas Kompol Sungkono, SH, MM, saat menggelar jumpa wartawan di Mapolres Metro Jakarta Utara, Senin (18/09/2017).

Lebih jauh dijelaskan Kapolres, pelaku SA ini telah berulang kali melakukan pencurian dengan pemberatan di sejumlah lokasi di wilayah Jakarta Utara dan sekitarnya. Selain itu, pelaku juga tidak segan-segan untuk melukai korbannya apabila korban melakukan perlawanan.

“Dalam menjalankan aksinya, pelaku SA selalu dibantu rekannya berinisial P dan S yang saat ini masih buron. Mereka selalu menyasar rumah yang dalam keadaan kosong dan tidak ada penghuninya,” ungkap mantan Kapolres Jakarta Pusat itu.

Terakhir kali, kata Kapolres, tersangka melakukan pencurian di rumah kosong yang berada di Jalan Rajawali Utara, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara pada Selasa 06 September 2017, sekitar pukul 03.00 WIB.

“Pelaku merupakan residivis kasus kejahatan diantaranya pencurian senjata api milik anggota TNI, kasus uang palsu di Tanjung Priok, kasus pencurian besi di pelabuhan Tanjung Priok dan kasus perkelahian di Madura,” paparnya.

Sementara itu, terungkapnya kasus ini berawal dari adanya beberapa laporan masyarakat kepada pihak kepolisian tentang kasus pencurian di wilayah Jakarta Utara dengan total kerugian Rp441 juta. Kemudian berbekal informasi dari masyarakat tersebut dilakukan penyelidikan.

Selanjutnya setelah dilakukan penyelidikan, Tim Tiger Polres Jakarta Utara berhasil menangkap pelaku saat menggunakan mobil di sekitar wilayah Pademangan Jakarta Utara.

Ketika diberhentikan dan akan dilakukan pemerikasaan oleh petugas, pelaku melakukan perlawanan dengan menembakkan senjata api yang dibawanya ke arah petugas sehingga terjadi baku tembak. Untuk itu, pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan tindakan tegas.

Dari tangan tersangka polisi mengamankan barang bukti berupa 1 pucuk senjata api rakitan dan amunisi berjumlah 8 butir, 1 buah senjata tajam sangkur, 1 buah senjata tajam samurai, 1 buah pisau cater, 1 buah dompet coklat yang isinya SIM A dan C atas nama NH. Selain itu diamankan juga barang bukti lainnya.