Dosis Ketiga Vaksin Sinovac Diklaim Mampu Tingkatkan Antibodi 10 Kali Lipat
Ilustrasi vaksin Sinovac

Dosis Ketiga Vaksin Sinovac Diklaim Mampu Tingkatkan Antibodi 10 Kali Lipat

Rabu, 9 Jun 2021 | 10:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Perusahaan biofarmasi asal China, Sinovac saat ini tengah melakukan uji klinis fase ketiga untuk suntikan dosis ketiga vaksin Covid-19. Dosis ketiga vaksin Sinovac diklaim mampu menciptakan atibodi hingga 10 kali lipat dalam seminggu.

"Sinovac akan melakukan penelitian yang lebih menyeluruh dan lebih lama untuk menentukan waktu terbaik untuk menerima booster untuk masyarakat umum," kata Kepala Produksi Sinovac Yin, seperti dikutip dari Global Times, Selasa (8/6).

Namun, Yin mengatakan pihaknya masih membutuhkan lebih banyak penelitian untuk adopsi dosis ketiga dalam skala lebih besar. Yin juga belum dapat memastikan kapan suntika dosis ketiga dibutuhkan oleh penerima vaksin.

"Setelah menyelesaikan dua suntikan, tubuh kita sudah menghasilkan memori kekebalan. Adapun kapan suntikan ketiga akan dibutuhkan, tolong beri peneliti lebih banyak waktu untuk mempelajarinya," kata Yin.

Otoritas kesehatan China mengatakan akan menentukan kapan harus memberikan suntikan booster untuk Covid-19 berdasarkan analisis kelompok yang divaksinasi awal untuk melawan mutasi  virus corona.

Hasil penelitian dari penerima vaksin mengungkapkan bahwa tingkat antibodi yang terbentuk kebanyakan bertahan hingga 6 bulan setelah diberikan dosis kedua.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...