Double Chin Ternyata dapat Mematikan Lho

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Double Chin Ternyata dapat Mematikan Lho Sumber: Healthline

Winnetnews.com - Double chin atau dagu berlipat memang dapat menganggu penampilan. Namun ternyata, kondisi ini juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan, yang mematikan lho.

Dilansir dari Cewekbanget, keadaan berat badan yang berlebih atau obesitas dapat menyebabkan lemak akan berkumpul di beberapa bagian tubuh. Salah satunya adalah dagu. 

Menurut dr. Samuel Oetoro, Sp. Gk, spesialis gizi klinik, double chin memiliki bahaya tersendiri bagi seseorang. 

"Betul sekali, saya selalu bilang sama orang-orang yang kegemukkan, tumpukkan lemak itu ada di dua tempat, satu di bawah kulit, yang satu di dalam perut," terang Samuel. 

"Tapi lemak yang ada di bawah kulit itu adanya di mana? Di seluruh permukaan tubuh, di lengan, di paha, dan di pinggang," imbuhnya.

Tetapi, ada pula lemak yang berbahaya jika tertimbun di dalam tubuh. 

"Kalau lemak di lengan, di paha, di pinggang, di bahu, bahaya cuma penampilan. Tapi ada satu lemak di bawah dagu yang bahaya itu yang disebut dengan double chin," tuturnya.

"Bahayanya apa? Dia itu sebenarnya lemak, adanya di bawah lidah, kalau ada lemak di sini (di bawah lidah) dia akan mendorong lidah ke belakang, waktu dia terdorong, saluran napas tertutup separuh, makanya orang kegemukkan rata-rata tidurnya mendengkur," jelas Samuel.

Kadang saat mendengkur, orang-orang yang sedang tidur bisa tiba-tiba terbangun. Hal ini terjadi karena adanya perintah otak yang meminta lidah untuk kembali mendorong ke depan.

Lantaran saluran napas akan tertutup dan mengakibatkan oksigen ke otak menjadi menipis. Jika hal ini terjadi selama bertahun-tahun reflek yang dilakukan akan sedikit berukurang, akibatnya lidah dapat menuntup saluran pernapasan dengan sempurna.

Apa Reaksi Kamu?