Double Espresso Bisa Mengurangi Jet Lag

Muhammad Takdir
Selasa, 29 September 2015 16:50 WIB
Oleh Muhammad Takdir pada Selasa, 29 September 2015 16:50 WIB
Image Double Espresso Bisa Mengurangi Jet Lag

 

Wingamers.com - Sering bepergian dengan pesawat terbang? Takut mabuk? Coba minum double espresso. Ini hasil penelitian dari University of Colorado dan Medical Research Council di Cambridge, Inggris. Seperti dilansir Australia News, kafein pada double esspreso bisa menjadi kunci mengatasi jet lag. Jet lag adalah kelelahan yang disebabkan oleh perjalanan panjang lewat udara.

Kesimpulan ini telah diterbitkan dalam Science Translational Medicine Journal, namun hanya berlaku bagi mereka yang melakukan perjalanan ke barat.

"Ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa kafein, yang banyak digunakan sebagai obat psikoaktif, memiliki pengaruh pada ritme sirkadian manusia," kata Profesor Kenneth Wright, dari Departemen Fisiologi Integratif University of Colorado.

Ritme sirkadian adalah proses biologis yang berulang setiap 24 jam, termasuk waktu tidur.

Double espresso di sore hari bisa menunda kenaikan melatonin, hormon tidur yang dikeluarkan oleh tubuh. Jika waktu tidur terlambat, maka tubuh menyesuaikan diri dengan perubahan zona waktu.

Sekali lagi, tips ini hanya berlaku untuk mereka yang bepergian ke arah barat. Jadi jika bepergian ke arah timur, tips ini tidak berlaku.

Waspadai Bumbu Masakan Ini
Baru Pindah ke Juventus, Ronaldo Kembali Bikin Rekor Baru

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.