Doyan Ngemil? Tapi Tidak Ingin Gemuk, Ini Solusinya
ilustrasi

Doyan Ngemil? Tapi Tidak Ingin Gemuk, Ini Solusinya

Minggu, 24 Jun 2018 | 07:33 | Muchdi

WinNetNews.com - Sering kali keinginan untuk ngemil ditahan karena teringat akan berat badan yang bisa bertambah. Padahal ngemil itu boleh saja, asalkan bijak dalam memilih jenis camilan dan mengatur pola konsumsinya.

Salah satu cara menghindari ngemil berlebihan adalah memperbanyak jam makan. Ingat, bukan berarti menambah porsi makan. Dengan memperbanyak jam makan dengan porsi yang sedikit, energi akan tetap stabil seharian.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah makan dengan pelan. Gunanya agar perut punya waktu untuk mengirim sinyal ke otak sehingga menghindarkan diri dari makan berlebih.

Selain itu, perhatikan komposisi makanan agar lengkap dan seimbang. Caranya dengan memilih jenis makanan yang dapat membuat kenyang lebih lama. Hal ini dapat menghindari makan camilan yang berlebihan ketika lapar.

Camilan yang bisa dipilih di antaranya yang tinggi serat dan rendah kalori. Misalnya buah-buahan seperti jeruk dan anggur, kacang-kacangan seperti almond dan chick pea, yogurt, dan snack yang sedang populer seperti oat, quinoa, dan granola.

Jika sedang diet dan tetap ingin ngemil, pastikan konsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan kalori harian. Perhatikan jumlah kalori yang masuk dan keluar. Melalui pembatasan kalori, maka kalori nantinya didapat dari cadangan lemak tubuh.

Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur, mengungkapkan untuk lebih mudah menghitung pengurangan kalori biasanya digunakan pola meal replacement, yaitu nutrisi pengganti makan.

Dikutip dari situs detikHealth, Jakarta, Minggu (24/6/2018),"Meal replacement sebaiknya menggantikan makan pagi dan makan malam dan tetap makan siang. Pengganti makan yg dianjurkan adalah kalori 200-400 kcal per hari, protein yang tinggi, lemak rendah, karbo rendah, tapi tinggi serat serta harus tinggi kalsium karena banyak sekali orang dengan diet sering melupakan asupan kalsium. Selain itu, bisa diselingin dengan buah pada malam hari." ujar dr Muliaman.

Salah satu pilihan meal replacement yang bisa dikonsumsi adalah Slim&Fit Cookies. Camilan yang terbuat dari quinoa, oat, dan gandum yang tinggi protein, serat, dan antioksidan. Sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...