Doyan Pergi Melancong? Awas! Virus ini Mungkin Mengintaimu
Acara World Flu Day 2019 bersama Sanofi Pasteur (foto: Dok. WinNet News/ Amalia Purnama Sari)

Doyan Pergi Melancong? Awas! Virus ini Mungkin Mengintaimu

Senin, 25 Nov 2019 | 19:00 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Hobi traveling memang tidak mudah dilakukan. Selain butuh biaya lebih, traveling atau jalan-jalan harus dilakukan dengan kondisi tubuh yang sehat dan bugar. Bagaimana jadinya jika seseorang pergi traveling namun kondisi tubuh tidak sehat dan sakit-sakitan?

Banyak dokter dan pakar kesehatan  selalu mengingatkan untuk menjaga kesehatan selama berpergian. Melancong, baik yang sifatnya domestik atau internasional, membutuhkan persiapan lebih. Vaksinasi sebelum pergi merupakan hal krusial yang wajib kamu lakukan sebelum jalan-jalan.

Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF), Prof. dr. Cissy B. Kartasasmita, mengatakan bahwa para pelancong memiliki resiko terjangkit penyakit virus influenza. Selain mematikan, virus ini ternyata sangat mudah diemui di tempat-tempat umum yang sering dikunjungi para pelancong.

“Influenza adalah penyakit menular paling umum yang duderita para pelancong mancanegara. Penyebaran virus ini bisa terjadi melalui udara, laut, dan darat. Sejumlah bandara, stasiun, dan terminal adalah tempat yang rawan dihinggapi virus ini,” papar Prof. Cissy dalam acara Media Briefing World Flu Day 2019, bertempat di Hotel Borobudhur, Jakarta Pusat, Senin (25/11).

Hal ini kemudian didukung oleh pernyataan Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM. Prof. Iris mengatakan bahwa melakukan vaksin sebelum pergi melancong merupakan suatu keharusan.

“Vaksinasi dapat mencegah munculnya penyakit. Traveler, terutama yang sering berpergian dengan transportasi umum dan dalam kelompok besar (haji dan umrah), wajib melakukan vaksin. Selain itu, vaksin juga dapat mencegah komplikasi influenza seperti radang paru-paru, perawatan di rumah sakit, bahkan kematian,” jelas Prof. Iris.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...