DPD Minta Aparat Tindak Tegas Provokator Kerusuhan Tanjung Balai

DPD Minta Aparat Tindak Tegas Provokator Kerusuhan Tanjung Balai

Senin, 1 Agt 2016 | 09:37 | Zaenal Arifin
 Jakarta, Winnetnews.com - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI GKR Hemas, meminta kepada petugas untuk mengusut tuntas provokator dan pihak-pihak yang menyebarluaskan kebencian serta menghukum dengan tegas kerusuhan di Tanjung Balai, Sumatera Utara. Ini untuk meminimalisir kejadian yang sama.

"Hukum harus ditegakkan, jangan beri ruang untuk membangkang," katanya dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (1/8/2016).

Hemas menegaskan, kejadian seperti ini umumnya bukan persoalan SARA atau antarumat beragama bersangkutan, melainkan karena keterlibatan pihak-pihak lain.

"Hal ini terbukti dengan ketika rumah warga yang keberatan dengan volume pengeras suara itu hendak dibakar massa, justru dicegah oleh warga setempat yang berbeda agama," kata Hemas.

Hemas berharap pemda setempat dapat membantu membangun kembali kerukunan antarumat beragama di wilayah itu sekaligus melarang kegiatan kelompok-kelompok tertentu yang berpotensi mengadu domba dan membuat kegaduhan.

"Sudah saatnya pemerintah pusat bertindak lebih tegas lagi mencegah berkembangnya kelompok-kelompok antikeberagamam. Karena kelompok semacam ini pada dasarnya anti-Pancasila, yang berarti bertentangan dengan amanat konstitusi," kata Hemas.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...