DPR dan KPK Larang Proyek Hambalang Diteruskan di Era SBY

DPR dan KPK Larang Proyek Hambalang Diteruskan di Era SBY

Sabtu, 19 Mar 2016 | 07:56 | Rusmanto
WinNetNews.com - Presiden Jokowi berencana melanjutkan kembali proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor, yang belum selesai. Partai Demokrat (PD) memberi penjelasan soal belum selesainya megaproyek itu.

Pembangunan P3SON Hambalang dimulai pada masa pemerintahan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Pembangunan terhenti karena sejumlah kasus korupsi terkait proyek tersebut. Kasus-kasus korupsi di seputaran proyek itu melibatkan sejumlah kader PD yang sudah dihukum pengadilan, di antaranya Bendum PD saat itu Nazaruddin, Ketum PD saat itu Anas Urbaningrum, dan Menpora saat itu Andi Mallarangeng.

Roy Suryo, eks Menpora pengganti Andi Mallarangeng, menjelaskan proyek itu sempat ingin dilanjutkan oleh Pemerintahan SBY saat kasusnya sedang diproses KPK. Namun, Komisi X DPR dan KPK melarang proyek itu dilanjutkan.

Roy menjelaskan saat itu DPR dan KPK tidak memperbolehkan proyek Hambalang dilanjutkan karena masih dalam proses hukum. Roy menolak jika proyek itu disebut mangkrak.

Roy menyatakan berterima kasih jika memang proyek Hambalang akan dilanjutkan oleh Presiden Jokowi. Namun sebelum dilanjutkan, dia meminta agar KPK mengumumkan tentang status hukum kasus Hambalang.

Jika memang kasus hukum yang melibatkan sejumlah mantan kader Demokrat itu sudah selesai, dikatakan Roy adalah wajar pemerintah memutuskan meneruskan pembangunannya. Namun dia meminta pernyataan tegas dari KPK.

Roy berharap agar publik tidak membanding-bandingkan kinerja pemerintah sekarang dan pemerintah sebelumnya terkait Hambalang. Sebab dikatakan Roy, ada faktor tertentu yang akhirnya membuat pembangunan tertunda.

Presiden Jokowi berniat melanjutkan pembangunan P3SON Hambalang setelah meninjau proyek tersebut pada Jumat (18/3) kemarin. Jokowi tak ingin melihat ke belakang soal penyebab terhentinya pembangunan, dia hanya ingin proyek itu selesai.

"Kita tidak bicara yang lalu, tapi ke depan akan diapakan," ujar Jokowi di Hambalang, kemarin.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...