Skip to main content

DPR Diminta Segera Lakukan Uji Kelayakan Calon Kapolri

DPR Diminta Segera Lakukan Uji Kelayakan Calon Kapolri
DPR Diminta Segera Lakukan Uji Kelayakan Calon Kapolri

Jakarta, Winnetnews.com - Beragam lembaga swadaya masyarakat (LSM) menginginkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Kapolri Komjen Pol Tito Karnavian.

Siaran pers koalisi LSM di Jakarta, Senin (20/6/2016), menyatakan langkah Presiden Joko Widodo mengajukan Tito Karnavian harus dipandang positif yakni dalam kerangka mempercepat proses reformasi dan perbaikan institusi Polri ke arah yang lebih profesional.

Untuk itu, maka proses uji kelayakan dan kepatutan oleh DPR juga harus menggali lebih dalam secara objektif konsep reformasi kepolisian yang dibawa Tito Karnavian, bukan menilai secara subjektif afiliasi atau berdasarkan tawaran politik.

LSM menyatakan bahwa berkaca kepada pengalaman-pengalaman sebelumnya, proses uji kepatutan dan kelayakan lebih condong pada kepentingan politik dibandingkan pendalaman agenda reformasi internal kepolisian.

Cara pandang tersebut dinilai merugikan publik dan mengabaikan agenda reformasi penegakan hukum sehingga untuk menghindari politisasi pemilihan Kapolri, maka sudah seharusnya DPR segera mengambil keputusan.

Apalagi UU Polri menyatakan bahwa proses persetujuan memiliki waktu yang limitatif. Pasal 11 ayat (2) UU Polri menyatakan bahwa paling lambat 20 hari sejak DPR menerima surat dari Presiden, DPR harus memberikan keputusan.

Koalisi LSM yang mengeluarkan pernyataan itu antara lain Elsam, Human Rights Watch Group (HRWG), Indonesia Corruption Watch (ICW), Indonesian Legal Roundtable (ILR), Imparsial, dan Komite Reformasi Hukum Nasional (KRHN).

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top