DPR Minta Komisioner Baru Ombudsman Lakukan Terobosan

Rusmanto
Kamis, 04 Februari 2016 04:29 WIB
Oleh Rusmanto pada Kamis, 04 Februari 2016 04:29 WIB
Image DPR Minta Komisioner Baru Ombudsman Lakukan Terobosan

WinNetNews.com - Sembilan komisioner Ombudsman disetujui DPR untuk dilantik Presiden Joko Widodo. Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria meminta kesembilan orang tersebut melakukan terobosan di lembaga pengawas pelayanan publik tersebut.

"Anggota Ombudsman yang baru perlu melakukan terobosan, untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik di Indonesia yang masih tertinggal dari beberapa negara tetangga," kata Riza dalam keterangan tertulis, Rabu (3/2/2016).

"Sesungguhnya Ombudsman bisa bekerjasama dengan KPK dan kepolisian, karena sama-sama berfungsi mencegah korupsi. Selama ini KPK dan kepolisian berperan memberantas korupsi berupa tindak pidana, sedangkan Ombudsman mencegah korupsi dari jalur administrasi dan pelayanan publik," jelasnya.

 

Riza menyebut saat ini masih banyak ditemukan maladministrasi dalam pelayanan publik. Beberapa di antaranya yang perlu diperbaiki yaitu di sektor pertanahan, pendidikan, kesehatan, perizinan, dan kependudukan baik di pusat maupun daerah.

"Masih banyak instansi di pusat maupun daerah yang belum mengikuti prosedur layanan sesuai dengan standar yang baik dalam hal persyaratan, biayanya, dan lama waktu yang dibutuhkan," ujar politisi Gerindra itu.

"Setidaknya Ombudsman membutuhkan tekad kuat, SDM yang berkualitas, team work yang solid, dana yang cukup, dan leadership yang tangguh,"katanya.

disadur dari situs detik news

Waspadai Bumbu Masakan Ini
Daley Blind Kembali ke Ajax Amsterdam

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.