DR Adnan Buyung Nasution Meninggal Dunia

DR Adnan Buyung Nasution Meninggal Dunia

 WinGamers, Jakarta. Pada hari ini, Indonesia kehilangan lagi salah satu tokoh nasional, tokoh hak asasi manusia, praktisi hukum terkemuka, pengacara senior, doktor ilmu hukum, pendiri LBH Jakarta (YLBHI) dan masih banyak lagi rentetan sebutan yang kita kenal melekat di tokoh DR Adnan Buyung Nasution yang wafat pada hari ini, Rabu, 23 September 2015 di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Khabar meninggalnya Adnan Buyung Nasution di hari Rabu ini sekitar Pk: 10:15 WIB dibenarkan oleh sekertaris beliau, Rika. Bang Buyung, demikian beliau akrab beliau disapa, telah dirawat di RS Pondok Indah sejak minggu yang lalu dan khabar terakhir dari putri almarhum, Pia Akbar Nasution, bahwa ayahandanya menderita gagal ginjal sejak Desember 2014 dan telah menjalani cuci darah di rumah sakit.

Bang Buyung lahir di Jakarta, pada tahun 1934 dan wafat di usia 81 tahun, sampai menjelang akhir hayatnya, almarhum tetap aktif dalam profesinya. Almarhum sejak mudanya adalah seorang sosok yang tangguh dan pernah terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Teknik Sipil di ITB Bandung, namun demikian di tahun berikutnya, Bang Buyung hijrah ke Fakultas Gabung Hukum, Ekonomi, dan Sosial Politik di Universitas Gajah Mada. Riwayat pendidikan Buyung Nasution lainnya adalah dari Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Universitas Indonesia, Studi Hukum Internasional di Universitas Melbourne, Australia, dan meraih gelar doktor hukum dari Universitas Utrecht, Belanda. Bang Buyung pernah menjadi seorang pegawai Kejaksaan Agung RI pada tahun 1957 – 1968 dan anggota MPRS/DPRS di tahun 1966 -1968.

Bang Buyung terimakasih atas segala sumbangsih abang kepada bangsa dan rakyat Indonesia, semoga Yang Maha Kuasa memberikan kelapangan jalan untuk Abang, Aamiin Yamujibassailin.