Skip to main content

Drone Buatan dalam Negeri 'Ai-X1' Resmi Lepas Landas dengan Bertepatan Hari Sumpah Pemuda

Drone Buatan dalam Negeri Ai-X1 Resmi Lepas Landas dengan Bertepatan Hari Sumpah Pemuda
Drone Buatan dalam Negeri Ai-X1 Resmi Lepas Landas dengan Bertepatan Hari Sumpah Pemuda

WinNetNews.com - Bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda, Jumat (28/10/2016), drone buatan dalam negeri Ai-X1, akhirnya resmi lepas landas.

Penerbangan drone UAV (Unmanned Aerial Vehicle) tersebut diusung dalam sebuah proyek khusus bertajuk “Ekspedisi Menembus Langit”, yang diprakarsai oleh AeroTerrascan, bekerjasama dengan LAPAN, startup Dengan Senang Hati dan beberapa pihak lain.

Namun sayang, penerbangan Ai-X1 sempat terhambat karena balon cuaca yang membawadrone tersebut pecah di atas ketinggian 10 kilometer. Padahal, seharusnya dronedirencanakan terbang menembus stratosfer dalam ketinggian 30 kilometer.

Sekadar informasi, Ai-X1 yang merupakandrone buatan startup asal Bandung ini memiliki konsep wahana ulang alik. Fungsinya, untuk bisa digunakan kembali dalam misi-misi tertentu di masa mendatang,

Dian Rusdiana Hakim, pimpinan AeroTerrascan, merancang drone ini dengan sebuah balon cuaca. Menurutnya, mustahil bagi sebuah drone UAV terbang dengan ketinggian 98.000 kaki (tiga kali lebih tinggi dari jarak yang biasa dilalui pesawat komersial) serta bertahan di suhu minus 50 derajat Celcius dengan kerapatan atmosfer yang intens.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top