Drone Canggih Buatan Ongen Tampil di Pameran Alutsista AD

Drone Canggih Buatan Ongen Tampil di Pameran Alutsista AD

Selasa, 26 Apr 2016 | 17:07 | Wahyu
Winnetnews.com – Indonesia sepertinya terus mengejar ketertinggalan teknologi dari bangsa-bangsa maju. Salah satunya adalah pesawat tanpa awak atau drone. Bahkan kini drone buatan Yulian Paonganan (Ongen) hari ini dipamerkan.

Pameran Alutsista Topografi TNI Angkatan Darat ini diselenggarakan pada kawasan Senen, Jakarta Pusat. Gelaran ini dalam rangka memeriahkan HUT ke-70 Dinas Topografi TNI AD.Drone yang diberi nama OS-Wifanusa tersebut adalah inovasinya melalui sebuah riset panjang.

"Riset ini dilaksanakan Ongen selama kurang lebih 2,5 tahun melalui Indonesia Maritime Institute (IMI)," ujar Aditya, salah seorang staf Ongen, di Jakarta.

Sementara itu, Drone OS-Wifanusa sedang diproduksi sebanyak tiga unit, pesanan dari Kementerian Pertahanan yang akan digunakan Dinas Topografi TNI AD untuk pengawasan wilayah perbatasan dan ZEE Natuna.

OS-Wifanusa adalah drone canggih yang memiliki kemampuan terbang selama 8-10 jam nonstop dengan jarak jelajah mencapai 1.000 kilometer dan ketinggian jelajah hingga 4.000 meter. Tak hanya itu, drone ini dilengkapi sistem autonomous canggih triple redundant, serta tiga kamera supermutakhir yang bisa dikontrol dari jarak jauh. Bahkan drone ini memiliki kemampuan amfibi.

Sumber : okezone

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...